Inilah Kinerja 50 Penguasa Bisnis Properti per Semester 1/’16

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Oktober 2016 menurunkan liputan tentang kinerja 50 pengembang properti per semester 1 2016. Bahwa riset yang dilakukan Properti Indonesia,mencatat, Sepanjang semester ...

  • propertidata
  • 2016.10.05
  • 204

    view

  • Inilah Kinerja 50 Penguasa Bisnis Properti per Semester 1/’16

    Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Oktober 2016 menurunkan liputan tentang kinerja 50 pengembang properti per semester 1 2016. Bahwa riset yang dilakukan Properti Indonesia,mencatat, Sepanjang semester I – 2016 sebagianbesar pengembangmencatatkanpenurunan kinerja rata-rata hingga 11%,meski tak sedikit yang mencatatkan hasilmaksimal.

    Penurunan tersebut sebagianbesar terlihat dari pertumbuhan perolehanlaba yangtergerus. Hal ini seakan berbandinglurus dengan beban penjulan yangtelah dikeluarkan perusahaan- perusahaantersebut.

    Dari sejumlah perusahaan propertypilihan yang dirangkum Properti Indonesiaberdasarkan laporan Semester I 2016, sebanyak25 pengembang diantaranya masih memposisikan diri sebagai penguasa pasarproperti nasional kurun waktu 3 tahun terakhir (lihat: tabel 25 pengembang denganpenjualan terbesar). Pemeringkatan ini mengacu pada nilai penjualan (marketrevenue) yang dicapai masing-masing korporasidalam periode tersebut.

    Segelintirkonglomerasi properti inilah yang menjadipenyuplai dan penguasa pasar mega proyek properti dalam negeri mulai dariperumahan, apartemen, pengembangankawasan berskala kota baru, superblok,hotel, resort, kawasan industri hingga pusatperbelanjaan.

    Menurut catatan Properti Indonesia, sejumlahperusahaan yang berhasil mencatatpertumbuhan sales revenue positif adalahpengembang yang menghabiskan penjualan sisa proyek yang telah dibangun padatahun-tahun sebelumnya, khususnya subsektor apartemen.

    Sementara, perusahaanyang baru memasarkan produk awal tahun2016 masih berada di bawah tekanan yangcukup berat.PT Lippo Karawaci, Tbk, sampai saatini, masih mengukuhkan diri sebagai penguasa properti dengan penjualan terbesar.

    Sekoci bisnis milik taipan Mochtar Riyadi, ini membukukan pendapatan sebesar Rp5,1 triliun atau tumbuh 8% dibanding tahun sebelumnya. Sementara, laba bersih turun 36% menjadi Rp498 miliar.

    Kontribusi utamaLippo Karawaci sepanjang paruh utama tahun ini disumbang oleh pendapatan recurring yang tumbuh 26% menjadi Rp3,3 triliun dan memberikan kontribusi sebesar 65% terhadap total pendapatan perseroan serta didukung oleh pertumbuhan divisi Healthcareyang meningkat 29% dan Mal.

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnyadimana posisi runner up diraiholeh PT Ciputra Development Tbk,maka pada paruh pertama 2016 ini posisi tersebut diraih oleh PT Agung Podomoro Tbk. yang menyodok ke posisi 2.

    AgungPodomoro Land berhasil membukukanpendapatan sebesar Rp 2,9 triliun, meningkat 5,2% dari periode yang sama dibanding tahun lalu. Kontribusi dari penjualan strata (bangunan vertikal) menjadi penyumbang terbesar dengan jumlah73%, sedangkan selebihnya berasal dari pendapatan berulang sebesar 27%,dimana sewa dan mall sebesar 17%  danhotel sebesar 10%.

    Diantara segilintir raksasa pengembang yang tercatat sebagai 10 penguasa pasar properti, PT Metropolitan Kentjana Tbk.adalah pengembang yang bisa dibilang bersinar. Pencapaian penjualan pengembang kawasan Pondok Indah ini sepanjang semester I 2016 berhasil membukukan pendapatan usaha perseroan sebesar122% atau Rp 1,369 triliun dari Rp 617,2miliar pada semester I tahun lalu.

    Kontribusi utama berasal dari pendapatan sewa yang mengalami kenaikan 10% menjadi Rp 578,3miliar dari Rp 524 miliar dan pendapatanpenjualan yang meningkat dari Rp92,2 miliar menjadi Rp790,7 miliar. Metropolitan Kentjana juga sukses membukukan laba bersih sebesar Rp544 miliar. MPI/Riz. Versi digital MPI dapat diakses melalui: http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia Praktis dan lebih ekonomis.

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci