Pemerintah Berkomitmen Sukseskan Program Sejuta Rumah

(Berita Daerah Jakarta) Pemerintah terus mempercepat proses pembangunan sejuta rumah untuk rakyat di Indonesia yang telah menjadi salah satu program pemerintah sejaktahun 2015.Kementerian Pekerjaaan Umum ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 71

    view

  • Pemerintah Berkomitmen Sukseskan Program Sejuta Rumah

    (Berita Daerah – Jakarta) Pemerintah terus mempercepat proses pembangunan sejuta rumah untuk rakyat di Indonesia yang telah menjadi salah satu program pemerintah sejak tahun 2015. Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Perumahan melakukan berbagai upaya dan kebijakan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung percepatan program sejuta rumah, didukung dengan meningkatnya alokasi anggaran Pembiayaan Perumahan pada tahun 2017 sebesar Rp 15,6 Triliun.

    Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan  (Dirjen) Kementerian PUPR (Kementerian PUPR) Maurin Sitorus di Jambi, Selasa (4/10). Dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Real Estat Indonesia (REI) Jambi dengan tema Eksistensi dan Peran Strategis REI Jambi dalam Mendukung Program Sejuta Rumah dan Jambi Tuntas, Maurin menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan Kementerian PUPR dalam mendukung program sejuta rumah.

    “Banyak sekali fasilitas yang dapat diterima masyarakat mulai dari Bunga KPR 5 persen dengan jangka waktu hampir 20 tahun, kemudian Bantuan Uang Muka sebesar 4 Juta, fasilitas PSU untuk pengembang dan yang terbaru adanya paket kebijakan ekonomi ke 13 menunjukan komitmen Pemerintah untuk mendukung program percepatan sejuta Rumah” ujar Maurin.

    Selain berbagai kebijakan yang telah diupayakan oleh Pemerintah tadi, Dirjen Pembiayaan Perumahan juga mengingatkan kembali pentingnya sinergi berbagai pihak baik Pemerintah Daerah, Pengembang, perbankan dan Masyarakat itu sendiri dalam menyukseskan program ini.

    “Kami selalu menghimbau kepada Pemerintah Daerah (pemda) untuk memberikan kondisi yang kondusif terkait kemudahan perizinan kepada pengembang, namun demikian kita juga minta pengembang membangun rumah sesuai ketentuan sedangkan kepada perbankan kami berharap tetap dapat memberikan suku bunga murah 5 persen dan tentu kami juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menunggak cicilan rumahnya karena akan sangat mempengaruhi kinerja bank dalam penyaluran subsidi ” tambahnya.

    Terkait kemudahan perizinan, Jambi menurutnya adalah salah satu yang kota yang memberikan pelayanan kemudahan perizinan yang baik , dengan adanya Peraturan Walikota Jambi Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman yang menggratiskan biaya IMB untuk rumah bersubsidi.

    “Jambi sudah baik, malah sudah lebih dulu melakukan kemudahan perizinan, dengan dengan adanya Peraturan walikota yang menggratiskan IMB untuk perumahan bersubsidi” ungkap Maurin.

    Sementara itu Walikota Jambi H. S.Y. Fasha dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya memberikan fasilitas gratis IMB bagi perumahan bersubsidi, selain itu pihaknya juga mewajibkan pengembang yang akan melakukan pembangunan perumahan untuk melakukan penyerahan PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas) dan melakukan proses balik nama sertifikat atas nama Pemkot Jambi yang dilampirkan bukti setoran PSU dari Badan Pertanahan Kota Jambi.

    “Dengan adanya Peraturan Walikota tersebut, Hasilnya saat ini terdapat 54 lokasi perumahan yang telah menyerahkan PSU nya Ke Pemerintah Kota Jambi seluas 33 Ha dari total luas perumahan sekitar 94 Ha”.

    Diharapkan dengan berbagai fasilitas yang dipersiapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, nantinya masyarakat berpenghasilan rendah benar-benar dapat menikmati program sejuta rumah yang diusung pemerintah.

    Johan/Journalist/BD

    Editor : Lenny Ambarita

    Image : BD





    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci