Lewat Desain, Perusahaan Bisa Dikenali Meski Tanpa Logo

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 47 peserta mengikuti kompetisi Space Design Competition 2016 yang diadakan Commonwealth Bank.Tujuan Commonwealth Bank menyelenggarakan kompetisi ini adalah untuk mendukung ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 69

    view

  • Lewat Desain, Perusahaan Bisa Dikenali Meski Tanpa Logo

    JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 47 peserta mengikuti kompetisi Space Design Competition 2016 yang diadakan Commonwealth Bank.

    Tujuan Commonwealth Bank menyelenggarakan kompetisi ini adalah untuk mendukung visi dan misi perusahaan yang menargetkan sebagai salah satu pemimpin pasar.

    Caranya, dengan menciptakan desain yang menggambarkan atau menandai identitas Commonwealth Bank.

    "Waktu mau mulai, teman-teman (desainer) sepakat Commonwealth Bank punya visi yang jelas yaitu digital. Lihat perusahaan Apple sekarang kan branding, sehingga konsumen sudah ngga liat logo Apple lagi tapi sudah tahu," ujar Ketua Himpunan Desainer interior Indonesia Lea Aviliani Aziz saat pengumuman pemenang Space Design Competition 2016 di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

    Ia menjelaskan, Commonwealth Bank juga bisa menerapkan strategi yang serupa. Selain dari logo, perusahaan bisa dikenali berdasarkan warna yang melekat.

    Desainer dapat menerapkan warna-warna tertentu. Dengan demikian, saat nasabah atau konsumen memasuki kantor cabang, mereka langsung menyadari tengah berada di Commonwealth Bank.

    Sementara itu, Lea menambahkan, sebelum mendesain, para peserta ini diajak ke salah satu kantor cabang bank asal Sydney, Australia tersebut.

    "Mereka diberi gambaran tempatnya seperti apa dan keinginan desain Commonwealth Bank bagaimana. Kita jelaskan kepada peserta untuk lebih bisa berkarya," sebut Lea.

    Dengan adanya rebranding, Commonwealth Bank tidak lagi dilihat seperti bank pada umumnya.

    Selama ini, banyak orang yang menganggap bank terlalu kaku dan konservatif. Desain dapat mengubah cara pandang ini hanya dengan memasukkan unsur warna menjadi lebih atraktif.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci