Kalimantan Sambut Kedatangan Jembatan Baru

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pulau Kalimantan kembali akan mendapatkan tambahan jembatan baru setelah Jembatan Basirih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) siap diselesaikan pembangunannya.Sebelumnya, ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 100

    view

  • Kalimantan Sambut Kedatangan Jembatan Baru

    BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pulau Kalimantan kembali akan mendapatkan tambahan jembatan baru setelah Jembatan Basirih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) siap diselesaikan pembangunannya.

    Sebelumnya, Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal 2016 ini.

    Baca: Nikmati Keindahan Jembatan Kapuas Tayan

    "Sampai saat ini, progres pembangunan Jembatan Basirih telah mencapai 45 persen dan ditargetkan selesai pembangunannya pada Desember 2016," kata Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (6/10/2016).

    Pembangunan jembatan ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dikerjakan oleh PT Sumbersari Ciptamarga pada periode 2013-2015 dengan nilai akhir kontrak mencapai Rp 106,97 miliar.

    Sedangkan tahap kedua akan dikerjakan oleh PT Trigaya Ciptamarga pada periode 2016 dengan nilai kontrak Rp 25,74 miliar.

    Adapun tujuan dibangunnya Jembatan Basirih adalah sebagai penghubung jalan baru yang menjadi akses keluar dan masuk pelabuhan serta menjadi akses lalu lintas di Ruas Pelabuhan Trisakti-Liang Anggang.

    "Dengan adanya Jembatan Basirih baru diharapkan arus lalu lintas keluar masuk Pelabuhan Trisakti dan menuju daerah lainnya di kawasan Kalsel menjadi lancar dan mengatasi masalah kemacetan," pungkas Basuki.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci