Catat, 29 April Berlaku Depe 1 Persen dan Bantuan Rp4 Juta Per Rumah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah memastikan pelaksanaan pembangunan sejuta rumah langsung diikuti berbagai kemudahan bagi masyarakat menengah bawah untuk membeli rumah. Karena itu usai peletakan batu pertama (groundbreaking) yang akan dilaksanakan pada 29 April 2015 di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, pemerintah akan menurunkan suku bunga KPR rumah bersubsidi.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Habis groundbreaking, di-launching juga penurunan bunga KPR FLPP dari 7,25 persen menjadi 5 persen dengan tenor 20 tahun. Pemberian bantuan uang muka Rp4 juta per rumah dan uang muka sebesar 1 persen dari sebelumnya 5 persen,” ujar Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, saat temu media terkait progres program sejuta rumah di Kantor Kemenpura, Jakarta, Kamis (23/4).

Peletakan batu pertama pembangunan sejuta rumah rencananya akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Groundbreaking di Ungaran itu  diikuti dengan acara yang sama di delapan propinsi. Di Ungaran Jokowi akan meresmikan pembangunan dua tower rumah susun sewa (rusunawa) untuk pekerja dengan kapasitas 184 unit.

Syarif menjelaskan, untuk mengubah besaran suku bunga KPR FLPP  itu pemerintah saat ini sedang menuntaskan perubahan Peraturan Menteri (Permen) Pupera yang mengatur tentang hal itu. Mengenai  bantuan uang muka Rp4 juta sudah ada petunjuk teknis pelaksanaannya, sedangkan untuk uang muka 1 persen yang akan diatur melalui Peraturan Menteri saat ini sedang disusun.  “Nanti saat acara groundbreaking akan dilakukan penyerahan secara simbolik surat persetujuan kredit untuk konsumen dari Bank BTN,” imbuh Syarif.

Selain itu juga akan dilakukan penandatanganan MOU antara Menpupera dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tentang percepatan penyediaan rumah susun bagi PNS di lingkungan Kemenpupera, Kemendagri, dan Kementerian ATR/BPN. MOU juga akan dilaksanakan dengan gubernur dan BPJS untuk pembangunan rumah susun sewa (rusunawa),” ujarnya.

housing-estate.com