Kenali Dong Penyebab Bocor, Terus Diakrabi Ya!

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockMusim hujan pun tiba! Inilah waktunya kamu lebih memperhatikan rumahmu. Apakah ada rembesan air dari sela-sela rumah, air mengalir dari celah tembok, atau langit-langit ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 325

    view

  • Kenali Dong Penyebab Bocor, Terus Diakrabi Ya!

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Musim hujan pun tiba! Inilah waktunya kamu lebih memperhatikan rumahmu. Apakah ada rembesan air dari sela-sela rumah, air mengalir dari celah tembok, atau langit-langit rumah ada bagian yang bocor?

    Perlu kamu cari penyebab atau sumber masalah yang muncul. Bisa jadi genteng rumahmu tidak begitu rapat atau retak.

    Untuk atap jenis cor atau dak juga bisa mengalami kebocoran loh. Talang air yang tersumbat, bisa menyebabkan rembesan air dalam rumah.

    Penyebab lainnya, getaran akibat pembangunan rumah di sebelah rumahmu yang berhimpitan bisa juga menyebabkan keretakkan pada tembok rumahmu. Semisal retak rambut atap, yang jadi jalur masuk air masuk ke dalam rumah.

    Baca juga: Bye... Bye... Bocor!

    Cara mengatasi tembok yang retak seperti itu adalah dengan melapisi tembok bagian dalam dengan pelapis antibocor. Untuk hasil terbaik, sebaiknya kamu plamir dan cat ulang.

    Kalau ada keretakan di genteng, kamu bisa merapikan genteng tersebut atau menggantinya dengan yang baru. Sedangkan atap cor (dak) yang bocor, terjadi akibat adanya retak rambut yang tipis karena tergerus panas. Cukup lapisi yang retak tersebut dengan pelapis anti bocor (waterproof).

    Kalau masalah talang air, hendaknya kamu rajin membersihkan talang air setiap minggu. Hal ini untuk menghindari penyumbatan yang akan menyebabkan kebocoran atau rembesan air hujan ke dalam rumah. Jika sudah terlalu parah kerusakannya, segera kamu ganti talang air dengan yang ukurannya lebih besar. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci