Pemprov DKI Akan Bebaskan Lahan Untuk RTB

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kian terbatasnya lahan di wilayah ibukota mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk melanjutkan proyek reklamasi pantai utara. Untuk melaksanakan reklamasi itu pemerintah akan membeli lahan yang akan dipakai sebagai ruang pengganti untuk tempat parkir air atau yang disebut sebagai ruang terbuka biru (RTB).  Untuk itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidajat, menyatakan kesiapannya membeli lahan milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) .

Reklamasi pantai Jakarta

Reklamasi pantai Jakarta

“Ini untuk RTB yang fungsinya untuk parkir air dari proyek reklamasi yang akan kita lakukan. Kementerian KKP memiliki lahan seluas 40 ha yang peruntukannya sebagai tambak. Bu Susi Pudjiastusi (Menteri KKP) pernah bergurau, boleh dibeli asal harganya Rp1 triliun per hektar,” ujar Djarot kepada awak media di Balaikota, Jakarta, Kamis (23/4).

Djarot mengatakan, pemprov akan melakukan pendekatan dengan Kementerian KKP agar pihaknya apabila jadi membeli lahan itu diberi keringanan pembayaran. “Toh nanti peruntukannya tidak akan diubah dan akan tetap menjadi tambak, ini hanya untuk memenuhi RTB terkait proyek reklamasi kita,” imbuhnya.

Selain itu Pemprov DKI juga akan membuat tanggul sebagai penahan ait laut. Tanggul ini diperlukan karena beberapa wilayah di Jakarta Utara posisinya lebih rendah dari permukaan air laut. “Tanggul yang dibuat harus terjamin kekuatannya karena wilayah seperti Muara Angke posisinya saat ini lebih rendah 1,5-2 meter di bawah permukaan air laut,” tegasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me