Awal 2017, Pekerja Informal Terima Bantuan Beli Rumah

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockProgram bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT) milik pemerintah rencananya akan diterapkan dulu di 9 zona di Indonesia. Zona-zona tersebut yakni zona 1 (Jawa), ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 424

    view

  • Awal 2017, Pekerja Informal Terima Bantuan Beli Rumah



    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Program bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT) milik pemerintah rencananya akan diterapkan dulu di 9 zona di Indonesia. Zona-zona tersebut yakni zona 1 (Jawa), zona 2 (Sumatera), zona 3 (Kalimantan), zona 4 (Sulawesi), zona 5 (Maluku dan Maluku Utara), zona 6 (Bali dan Nusa Tenggara), zona 7 (Papua dan Papua Barat), zona 8 (Kepulauan Riau dan Bangka Belitung) dan Zona 9 (Jabodetabek).

    Kepala Seksi Kemitraan Luar Negeri Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diah Parahita mengatakan, program tersebut juga akan didukung Bank Dunia.

    "Total ada lima bank yang sudah siap partisipasi, di Jabar itu BJB, ada BRI, BTN, Bank Artha Graha dan Bank Jateng. Kami akan verifikasi lagi kemampuan banknya," ujarnya di Gedung Sate Bandung, Kamis (6/10) seperti dikutip dari Antara.

    Baca juga: Ada Program Bantuan Pembiayaan Agar Pekerja Informal Bisa Kredit Rumah

    Menurutnya, nantinya bantuan tersebut untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memiliki pekerjaan informal. Rencana ini akan direalisasikan pada awal 2017.

    "Kemenpupera akan menyiapkan hunian untuk pekerja informal lewat Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bank yang bersedia dan siap menjadi mitra untuk program BP2BT ini adalah Bank BJB," kata Diah lagi.

    Dengan adanya program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan tabungan perumahan rakyat (Tapera), maka calon penerima yang dibidik program ini adalah pekerja informal.

    Berdasarkan data Bank Dunia, masih ada 40 persen pekerja informal di Indonesia yang sulit mengakses kepemilikan rumah via perbankan. Program BP2BPT ini dikhususkan untuk diakses pekerja informal, karena FLPP lebih ke pekerja mandiri. 

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci