Program Sejuta Rumah Baru Siap 103 Ribu Unit

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bila tidak ada aral pelaksanaan pembangunan sejuta rumah untuk kalangan menengah bawah akan dimulai pada 29 April mendatang. Pelaksanaan peletakan batu pertama (groundbreaking) dipusatkan di Unggaran, Jawa Tengah, yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

rumah sederhana

Ilustrasi

“Groundbreaking ini akan dilaksanakan secara nasional oleh Presiden Jokowi diikuti delapan provinsi oleh gubernur dan para bupati maupun walikota yang lokasinya terpilih mewakili perumahan di wilayahnya. Tanggal 29 April dipilih karena momentum Hari Buruh Nasional setiap 1 Mei,” ujar Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), dalam jumpa pers pencanangan program sejuta rumah di Kantor Kemenpupera, Jakarta, Kamis (23/4).

Pada tahap pertama akan dibangun sebanyak 331.693 unit. Dari jumlah tersebut yang siap untuk dibangun April ini sebanyak103.135 unit. Lokasi rumahnya tersebar di Sumatera Utara, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Syarif menjelaskan, dari 331.693 unit itu yang sudah terbangun sebanyak 22.810 unit, akan  groundbreaking 103.135 unit, dan segera menyusul groundbreaking 205.748 unit. Tahap dua akan langsung dikerjakan pada bulan Mei sebanyak 98.020 unit. Tahap tiga sebanyak 173.803 unit saat ini dalam proses perizinan.

Syarif  mengaku mendengar suara-suara pesimis terhadap realisasi program pembangunan sejuta rumah. Menurutnya, kalau menunggu semuanya sempurna baru melakukan pembangunan program ini justru tidak akan berjalan. Keinginan untuk segera mengurangi backlog perumahan akan semakin jauh.

“Ini merupakan keseriusan pemerintah terhadap program perumahan. Program ini dibuat berdasarkan listing regulasi yang dianggap menghambat dan selama ini dikeluhkan pengembang. Jadi kita langsung jalan saja secara simultan sambil terus melakukan penyempurnaan di bidang regulasi, pertanahan, dan pembiayaannya,” tegasnya.

housing-estate.com