Karya Desainer Lokal untuk Kantor Cabang Commonwealth Bank

Housing-Estate.com, Jakarta - Karya desainer Alvin Tjitrowirjo akan dipakai sebagai desain dasar revitalisasi kantor-kantor cabang Commonwealth Bank Indonesia (CBI). Karya desainer Indonesia itu dianggap ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 401

    view

  • Karya Desainer Lokal untuk Kantor Cabang Commonwealth Bank

    Housing-Estate.com, Jakarta - Karya desainer Alvin Tjitrowirjo akan dipakai sebagai desain dasar revitalisasi kantor-kantor cabang Commonwealth Bank Indonesia (CBI). Karya desainer Indonesia itu dianggap paling pas merepresentasikan tema inovatif, terbuka, nyaman, dan memudahkan nasabah yang akan diusung bank besar asal Australia itu di seluruh kantor cabangnya di Indonesia. Untuk itu Alvin berhak mendapat hadiah Rp150 juta.

    Karya Alvin terpilih sebagai karya terbaik melalui kompetisi “Commonwealth Bank Space Design Competition 2016” yang digelar CBI bekerja sama dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) sejak akhir Agustus sampai pertengahan September 2016. Tujuan kompetisi, mendorong pembaharuan tampilan kantor cabang CBI yang mengintegrasikan inovasi dan desain lokal Indonesia menuju era perbankan digital.

    Kompetisi diikuti 40 desainer profesional. Dari jumlah itu terpilih 18 finalis yang kemudian diperas menjadi lima terbaik oleh tim juri dari HDII dan CBI, sebelum mengerucut menjadi satu pemenang. Ke-17 finalis yang menjadi runner-up mendapat hadiah hiburan masing-masing Rp15 juta.

    Menurut Presdir CBI Lauren Sulistiawati, CBI yang fokus melayani nasabah ritel dan UKM (small-medium enterprises/SME), menawarkan inklusi finansial melalui literasi (pembelajaran) keuangan dan perbankan digital. Selain melalui dukungan teknologi informasi yang memudahkan dan membuat pelayanan lebih efektif, target itu akan dicapai melalui penciptaan tampilan dan suasana kantor (look and feel) yang sesuai dengan nuansa digital yang simpel, seamless, modern, terbuka dan mudah diakses, yang diharapkan membuat orang terpikat dan nyaman memasuki kantor bank.

    CBI sengaja menggunakan karya desainer Indonesia sebagai inspirasi desain kantor-kantor cabangnya, karena karya mereka sama memukaunya dengan karya perancang asing. “Jadi, kenapa harus menggunakan desainer asing yang mahal?” katanya.

    Ketua Umum HDII Lea Aviliani Aziz mengaku bangga karya desainer lokal digunakan sebagai desain dasar kantor cabang salah satu bank terbesar di dunia itu. “Ini bisa memacu desainer lokal untuk menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi, yang pada akhirnya mendukung perkembangan industri desain dan ekonomi kreatif di Indonesia,” ujarnya.

    Kantor cabang Kelapa Gading, Jakarta Utara, akan menjadi pilot project program revitalisasi kantor cabang CBI dengan menggunakan karya Alvin sebagai inspirasi desain atau desain dasar itu.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci