Pekerja Informal Dapat Bantuan DP Rp27 Juta

Housing-Estate.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menggandeng Bank Dunia untuk memberi kemudahan kalangan pekerja mendapatkan pembiayaan perumahan. Untuk itu pemerintah ...

  • propertidata
  • 2016.10.06
  • 394

    view

  • Pekerja Informal Dapat Bantuan DP Rp27 Juta

    Housing-Estate.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menggandeng Bank Dunia untuk memberi kemudahan kalangan pekerja mendapatkan pembiayaan perumahan. Untuk itu pemerintah merancang Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Konsepnya sampai saat ini masih digodok dan dimatangkan.

    Pekerja Informal

    “Program ini khusus untuk pekerja formal dan informal yang sulit mengakses perbankan. Untuk itu pemerintah akan membuat skema pembiayaan berbasis tabungan, (syaratnya) MBR menabung dulu, setelah itu  baru bisa mendapatkan bantuan pembiayaan untuk membeli rumah,” ujar Dirjen Pembiayaan Perumahan Kemenpupera, Maurin Sitorus, kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (6/10).

    Pada tahap awal Bank Dunia berkomitmen memberikan bantuan pembiayaan senilai 197 juta dolar AS. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan rumah sebanyak 715 ribu unit. Jumlah bantuan yang diberikan Rp27 juta per rumah.

    Sekarang tengah dibahas aturan teknis penyalurannya dan menampung masukan dari Bank Dunia. Penyaluran bantuan ini nantinya akan diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) atau regulasi lainnya. Selanjutnya pemerintah akan menggandeng beberapa bank sebagai pelaksana penyaluran bantuan. Program ini didukung asuransi Jamkrindo sehingga kalau kreditnya macet bank  tetap terjamin.

    “Jadi ini berbeda dengan FLPP dan program bantuan perumahan lainnya. Bantuan ini diberikan di awal sebagai uang muka dengan melihat track record tabungan nasabah dengan  bunga komersial. Rencananya pelaksanaannya Maret 2018,” pungkasnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci