WIKA Realty Lepas Saham November 2015

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun ini, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) merencanakan untuk melepas saham salah satu anak perusahaannya, yaitu PT Wika Realty. Saham yang dilepas kepada publik ini adalah sekitar 30 persen.

Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo mengatakan, saat ini, proses IPO (initial public offering) sedang tahap persiapan.

“Mudah-mudahan jadi (tahun ini). Kami sedang menata land bank (bank tanah), pasar yang akan diambil itu pasarnya yang seperti apa. Mudah-mudahan masih keburu pada bulan Oktober-November 2015,” ujar Bintang usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2014, di Gedung Wika, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Bintang menyebutkan, sedang mengusahakan IPO bisa dilakukan pada bulan tersebut. Alasannya, saat ini saja sudah di pengujung April, dan memasuki bulan ke lima 2015.
Selain persiapan land bank dan pangsa pasarnya, WIKA juga tengah mematangkan persyaratan administrasi.

Menurut Bintang, hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat. Jika IPO dilakukan pada November, setidaknya WIKA harus menggunakan laporan pembukuan bulan Juni.

“Wika Realty harus hire akuntan untuk mengaudit fisik sampai dengan bukunya itu Juni. Karena umur laporan keuangan kan 6 bulan. Syukur kalau Juni bisa langsung audit sampe September bisa, ya lebih bagus,” jelas Bintang.

Seperti diketahui, selain WIKA Realty, WIKA juga akan melepas saham WIKA Gedung sebesar 35 persen. Sebanyak 30 persen dilepas ke publik, sementara 5 persen untuk jatah karyawan. Rencananya, IPO WIKA Gedung akan dilakukan pada semester II 2016.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me