Tips Memperluas Jangkauan “Wi-Fi” di Rumah

Big Banner

Wi-Fi telah menjadi salah satu kebutuhan yang tak terelakkan. Apabila Wi-Fi di rumah Anda naik turun atau tidak dapat menjangkau di seluruh ruangan, tentu hal tersebut sangat mengganggu.

Berikut ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa wireless router Anda.

1. Perhatikan posisi perangkat wireless router

Perangkat wireless router Anda sebaiknya diletakkan di ruangan yang terbuka dan jauh dari perangkat elektronik lainnya. Hal ini karena sinyal dari perangkat elektronik lain dapat mengganggu sinyal Wi-Fi sehingga mengurangi jangkauan Wi-Fi nya.

2. Upgrade perangkat wireless router

Apabila Wi-Fi di rumah Anda lemah dan tidak dapat mencakup seluruh ruangan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan mengganti perangkat wireless router Anda dengan wireless router yang baru. Teknologi wireless router sekarang telah masuk ke era AC dimana telah menggunakan frekuensi 5GHz.

3. Gunakan wireless router dengan frekuensi 2.4GHz dan 5GHz

Bila wireless router Anda telah menggunakan teknologi AC, maka sebaiknya mengaktifkan kedua frekuensinya untuk performa yang lebih baik. Banyaknya perangkat yang menggunakan frekuensi 2.4GHz mengakibatkan jangkauan Wi-Fi yang pendek sedangkan frekuensi 5GHz lebih bersih sehingga jangkauan Wi-Fi bisa lebih jauh.

4. Gunakan range extender

Terkadang rumah yang terlalu luas atau terlalu banyak sekat, agak sulit ditembus maupun dijangkau oleh wireless router terbaik sekalipun. Maka dari itu perlu perangkat tambahan seperti range extender. Belakangan ini range extender banyak dicari pengguna karena kemampuannya untuk memperluas jangkauan Wi-Fi serta mudah dalam pemasangannya.

 

Feriawan Hidayat/FER

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me