Salah Sasaran, KemenPuPera Verifikasi Program Rumah Subsidi

Big Banner

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tengah melakukan verifikasi terhadap peruntukan pembangunan rumah bersubsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Verifikasi tersebut dilakukan setelah ditemukannya banyak kasus pembangunan rumah subsidi yang salah sasaran. 

Menurut Syarif Burhanudin, Plt Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PU-Pera, verifikasi merupakan bagian dari sistem pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah dalam program penyediaan rumah bersubsidi.    

“Untuk data rinci kawasan mana saja yang peruntukkan huniannya tak tepat sasaran kita tidak ada karena seharusnya pengawasan berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Daerah,” kata Syarif seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Menurut Syarif, selama ini masyarakat dirasa kesulitan dengan kredit rumah  yang tinggi. Sementara para pengembang hanya mempedulikan banyaknya pembeli. Untuk itu, pengalokasian rumah layak huni bagi MBR harus melibatkan pemerintah guna mengeluarkan persyaratan yang mudah namun tetap terjamin. 

“Suka sering dengar rumah atau Rusunami (rumah susun sederhana milik) itu salah sasaran, itu rumah yang diberikan subsidi, tapi setelah dibangun ternyata bukan MBR yang huni, ini yang harus jadi catatan untuk diverifikasi,” kata Syarif. 

Aturan ketat akan diberlakukan di mana ketika transaksi kredit, rumah lantas ditempati, penghuni tidak bisa dengan mudah melakukan pemindahtanganan kepemilikan rumah kepada pihak lain.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me