Jokowi Resmikan “Grounbreaking” Proyek Sejuta Rumah

WE Online, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hari ini, Rabu (29/4/2015), akan melakukan groundbreaking program satu juta rumah di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya Plt Direktur Jenderal Penyediaan Rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin mengatakan alasan dimajukannya waktu pelaksanaan groundbreaking dari jadwal sebelumnya 30 April 2015 karena dirangkaikan dengan peringatan hari buruh nasional yang akan jatuh pada tanggal 1 Mei 2015 mendatang.

“Mengapa tanggal 29 April? Karena pada saat itu diusulkan untuk dirangkaikan dengan hari buruh nasional. Kebetulan saja kegiatan yang dilakukan yang dilakukan di Semarang merupakan pembangunan rusunawa untuk buruh yang jumlahnya dua tower lima lantai. Ini juga terkait lokasi yang dibangun ada kawasan industri. Jadi, secara politis rumahnya juga didekatkan dengan industri yang ada di dekat situ,” kata Syarif dalam konferensi pers di Gedung Kemenpupera, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan pencanangan ini akan dilaksanakan serempak di delapan provinsi oleh gubernur didampingi bupati/wali kota yang lokasinya terpilih mewakili pembangunan perumahan di wilayahnya.

“Jumlah yang siap di-groundbreaking pada tanggal 29 April 2015 sebanyak 103.135 yang merupakan bagian dari 331.693 unit rumah pada tahap pertama,” tambahnya.

Adapun lokasi pembangunan tersebar di sembilan daerah, yakni Nias Utara (Sumatera Utara), Kota Pelembang (Sumatera Selatan), Jakarta Barat (DKI Jakarta), Tangerang (Banten), Cirebon (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Malang (Jawa Timur), Kota Waringin Timur (Kalimantan Tengah), dan Bantaeng (Sulawesi Selatan).

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Boyke Siregar

wartaekonomi.co.id