Lewat Jalan Tol, Solo – Kertosono Hanya 2,5 Jam

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan (groundbreaking) jalan tol Solo-Ngawi-Kertosono pada akhir April 2015 lalu. Jalan tol ini ditargetkan bisa digunakan pada tahun 2017 yang akan memangkas waktu perjalanan dari Solo ke Kertosono hanya menjadi 2,5 jam.

Tol Solo-Mojokerto

Tol Solo-Mojokerto

“Jalan tol ini bagian dari program pembangunan jalan tol sepanjang 1.000 km yang akan dibangun pemerintah hingga tahun 2019. Pemerintah juga memiliki program agar seluruh ruas tol trans Jawa yang menjadi prioritas dengan total panjang 615 km seluruhnya bisa tersambung dan beroperasi pada tahun 2018,” ujar Jokowi saat prosesi groundbreaking.

Pembangunan jalan tol ini sendiri sepanjang 177 km yang dikerjakan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya. Seksi Solo-Ngawi memiliki panjang 20 km dan seksi Ngawi-Kertosono sepanjang 36 km. pembangunan jalan tol ini didukung penuh oleh pemerintah sehingga bisa menarik minat investior dan layak secara pembiayaannya. Pemerintah telah melakukan pinjaman dari Cina sebesar 360 juta dollar AS untuk pembangunan jalan tol ini.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Djoko Murjanto menambahkan, pemerintah berkewajiban membangun dua ruas jalan tol ini dan ditargetkan bisa selesai berbarengan dengan proses konstruksi yang dilakukan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya.

“Saat ini seksi Solo-Ngawi progresnya mencapai 80 persen sementara seksi Ngawi-Kertosono progres fisiknya sudah mencapai 40 persen. Yang Solo akhir tahun ini ditargetkan selesai, Ngawi-Kertosono ditargetkan tahun 2017,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me