Bogor Geser Tangerang Sebagai Area Pilihan Pencari Rumah

Big Banner

Rumah123.com, situs properti nomor 1 di Indonesia kembali merilis hasil survey paruh tahunan tentang sentimen konsumen properti. Survey bertajuk Property Sentiment Survey yang dilakukan secara online di seluruh jaringan website properti milik iProperty Group itu, tahun ini menyajikan hasil yang mengejutkan. Bogor sebagai kawasan yang pusat kotanya terletak sekira 88 kilometer dari Jakarta itu, menggeser Tangerang yang selama beberapa semester belakangan jadi langganan area favorit para responden.

“Bogor berhasil meraup suara tertinggi sebesar 37% sebagai wilayah paling dicari di kota penopang Jakarta yang selama ini dikuasai Tangerang yang harus puas mengikuti di posisi nomor kedua dan disusul dengan Bekasi,” tulis Rumah123.com dalam konferensi pers yang diadakan kemarin petang (30/4/2015) di Tee Nine Resto, Jakarta.

Hasil survei ini juga megonfirmasi kondisi pasar properti secara umum yang dirasakan oleh pelaku bisnis – developer, agen dan perbankan, tengah melambat. Kendati demikian kekuatan permintaan tetap tinggi karena housing backlog yang terus terakumulasi dan tidak diimbangi dengan kekuatan suplai rumah dengan harga terjangkau di pasar.

Indikator lain yang bisa disajikan dari hasil survei itu adalah kepercayaan konsumen terhadap pembiayaan properti dari bank yang masih tinggi (75%), serta kesadaran akan pentingnya hunian jangkung atau apartemen sebagai solusi atas keterbatasan lahan dan kemacetan lalu lintas.

Mario Gaw, General Manager Rumah123.com pada kesempatan ini mengatakan, “Rumah123.com secara rutin mengadakan Property Sentiment Survey selama dua kali setahun. Kami harapkan laporan ini bisa menjadi bahan tambahan referensi bagi pelaku industri properti.”

Foto: Rumah123.com

rumah123.com