Kaca Film Ini, Bantu Anda Menghemat Konsumsi Listrik

Big Banner

Pemanasan global selalu mendatangkan efek berikutnya yakni pemborosan energi. Upaya meredakan pemanasan global, dengan sendirinya akan menghasilkan efisiensi energi yang signifikan. Itu bisa dilakukan melalui upaya-upaya alamiah seperti gaya hidup ramah lingkungan dan penggunaan bahan-bahan atau peralatan yang rendah konsumsi energi.

Linda Widjaja, Direktur PT V-Kool Indo Lestari mengungkapkan rahasia untuk mereduksi penggunaan energi di dalam ruangan, baik rumah maupun tempat kerja, yang belum banyak diketahui orang. Kaca film, ya bahan bisa dipastikan melapisi semua kaca mobil itu memiliki kemampuan untuk mereduksi panas, sehingga ruangan pun tidak terlampau panas. Ujung-ujungnya, konsumsi listrik untuk pengatur suhu udara pun berkurang.

“Produk V-Kool untuk flat glass yang kita sediakan bagi sektor properti, memiliki kemampuan mereduksi suhu panas tanpa harus mengubah warna dinding kaca yang rata-rata ingin terlihat transparan. AC yang biasa dinyalakan dengan skala 18, kalau menggunakan kaca film kami, cukup di skala 19 atau 20, karena ruangan sudah berkurang panasnya akibat penggunaan kaca film ini,” ungkap Linda.

Ia mengakui, pangsa pasar flat glass di Indonesia masih belum tergarap secara baik. Kebanyakan mereka yang menggunakan V-Kool untuk melindungi dinding kaca rumah atau gedung mereka, adalah konsumen yang mobilnya sudah menggunakan merek ini. Karena merasa nyaman dan terlindungi dari panas, mereka mengaplikasikannya ke hunian atau kantor mereka.

Dari sejumlah properti yang menggunakan V-Kool, beberapa yang membolehkan namanya disebut antara lain, La Piazza Kelapa Gading, Rip Curl Outlet-Bali, Shang Place Restaurant-Shangri-la Hotel Jakarta dan Showroom Auto2000 Kapuk, Jakarta.

“Kami membutuhkan kaca film yang dapat menolak panas dan melindungi interior dan furnitur dari sinar matahari namun tetap membuat ruangan kelihatan terang. V-Kool transparan, namun juga membuat ruangan tetap sejuk,” demikian testimoni dari La Piazza seperti yang disampaikan kepada V-Kool Indo Lestari.

V-Kool di Indonesia sudah terkenal sejak lama, tepatnya 1995. Produk ini dibuat di Amerika Serikat melalui riset dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1970-an. Teknologi V-Kool diklaim sebagai yang pertama dan satu-satunya kaca film spectrally selective yang menyediakan perlindungan dari panas dan radiasi matahari untuk diaplikasikan di dunia otomotif dan arsitektur.

Foto: Ferdinand Lamak

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me