Bos Facebook Sumbang Sekolah di San Fransisco

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sebagai orang paling kaya di dunia, ternyata Mark Zuckerberg, pendiri jejaring sosial Facebook, bukan orang yang pelit berbagi. Baru-baru ini dikabarkan bahwa, Zuckerberg menyumbang 100 juta dolar AS  atau Rp1,3 triliun, melalui yayasan keluarganya, ke sebuah sekolah di San Fransciso.

AltSchool, demikian namanya, adalah sekolah yang didirikan oleh sebuah perusahaan kecil berbasis teknologi yang didirikan mantan eksekutif Google, Max Ventilla. Sekolah ini menggunakan hardware dan software komputer yang didesain khusus oleh perusahaan Ventilla. Dengan sistem tersebut para guru bisa membuat rencana pelajaran secara spesifik untuk masing-masing muridnya.

Alt school

Alt school

Keberadaan sekolah itu pula yang membuat AltSchool berbeda dengan perusahaan pengembang sistem komputer untuk pendidikan lainnya. Perusahaan lain hanya mengembangkan dan menjual sistem. Sekolah ini sendiri baru berusia satu tahun dan dimulai dengan kelas yang hanya diisi oleh 20 murid. Uang sekolahnya sebesar 21.000 dolar AS (Rp273 juta) per tahun. Tahun ini AltSchool siap dengan delapan kelas yang bisa menampung sekitar 500 siswa. Pada tahun ini juga AltSchool akan membuka cabang, yaitu di Brooklyn, New York.

Selain melalui yayasan keluarganya, melalui perusahaan yang didirikannya, Zuckerberg juga rajin berderma khususnya ke sektor pendidikan. Facebook tidak segan-segan mendanai perusahaan kecil yang terkait dengan pendidikan. Menurut CB Insights, pada tahun lalu, perusahaan jejaring sosial itu menaikkan “sumbangan-nya sebesar 55 persen dari tahun sebelumnya yang sudah mencapai 1,87 miliar dolar AS (Rp24,44 triliun).

Bukan kali ini saja Zuckerberg menyumbang sebesar 100 juta dolar AS. Pada tahun 2010, bos Facebook ini juga pernah menyumbang dengan nilai yang sama ke ke sistem pendidikan di Newark, New Jersey. Bahkan pada Mei 2014,  Zuckerberg rela mendonasikan uang sebanyak 120 juta dolar AS (Rp 1,6 triliun) untuk memperbaiki sektor pendidikan di San Francisco Bay Area.

Bagikan virus, minatnya itu ternyata menjangkiti sejumlah petinggi perusahaan teknologi lain di Silicon Valley, tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. “Kami percaya bahwa akan tiba saatnya pendidikan menjadi lebih baik,” kata Brian Singerman,  managing partner Founders Fund, lembaga sosial yang didirikan para eksekutif di Silicon Valley. Lembaga ini juga turut menyumbang ke AltSchool.

(Sumber: Bloomberg)

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me