Tiga Kota yang Jadi Percontohan Bangunan Hijau

Big Banner
JAKARTA – Guna mengurangi polusi dan gas rumah kaca, pemerintah fokus untuk pembangunan ramah lingkungan dengan konsep bangunan gedung hijau. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) nomor 02/PRT/M/2015.

“Ada tiga kota besar dijadikan pilot project kawasan strategis nasional (KSN). Tiga kota yang didaulat jadi percontohan penerapan bangunan gedung hijau yakni Bandung, Surabaya dan Makassar,” ucap Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan, di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Dia mengatakan, ketiga kota tersebut diharapkan menjadi motor awal implementasi peraturan menteri tersebut. Menurutnya, konsep ini dapat mendorong pembangunan kota lebih ramah lingkungan sekaligus ramah energi.

Apalagi, Indonesia menargetkan mengurangi gas rumah kaca hingga 26 persen di 2020. Angka itu juga akan berkurang hingga 41 persen bila mendapat dukungan pendanaan internasional. “Maka konsep bangunan gedung hijau ini akan membantu keberhasilan pelaksanaan komitmen ini,” tuturnya.

Ke depannya, pembinaan bangunan gedung akan melibatkan penyedia jasa atau lembaga penilaian bangunan gedung hijau seperti Pusat Penelitian Pengembangan Permukiman dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

“Diharapkan masyarakat luas akan mendapat manfaat dari pembangunan gedung yang tidak hanya mengutamakan aspek teknis keselamatan, kesehatan dan kenyamanan saja,” tuturnya.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me