Sambut Asian Games 2018, Palembang Percepat Pembangunan LRT

Big Banner

Menyambut Asian Games ke-18 pada 2018 mendatang, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Nornin meminta pembangunan transportasi massal Light Rapid Transport (LRT) di Kota Palembang dipercepat. Sebagai informasi, Asian Games 2018 akan dilaksanakan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumsel. 

“Berdasarkan studi, rasio kemacetan di Palembang sudah sangat parah. Sehingga kalau pembangunan LRT tidak dilakukan, para atlet atau pihak yang terlibat bisa terkunci di jalan,” ujar Alex, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Guna mempercepat pembangunan LRT tersebut, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah menyiapkan izin, menganalisa dampak lingkungan, membebaskan lahan dan sebagainya. Namun, yang belum disiapkan adalah pihak pengembang dan anggarannya.  

Untuk itu, Alex mengaku dirinya telah menyampaikan permintaan percepatan pembangunan LRT kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya, LRT akan dibangun dari Pelabuhan Udara Sutan Mahmud Badaruddin II menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Jakabaring. 

“Bapak Presiden setuju tinggal kerja terpadunya saja. Presiden bilang akan mulai 2016,” ujarnya. 

Pembangunan LRT diperkirakan membutuhkan biaya hingga Rp7,2 triliun. Rencananya, dalam pembahasannya, BUMN akan menanggung setengah anggaran yang diperlukan, sedangkan selebihnya ditanggung oleh pihak swasta. Untuk itu, pemerintah harus menemukan pihak swasta yang tepat untuk dijadikan partner pembangunan LRT di Palembang.

 

rumahku.com