Cari Lokasi Rumah DP1%, Pekan Depan Klik Saja Disini!

Big Banner

Ramainya media mengabarkan Program 1 Juta Rumah yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih banyak berbuah tanda tanya yang tidak terjawab. Hingga saat ini, tidak ada media yang bisa menyajikan, dimana saja lokasi rumah atau rumah susun yang dapat dibeli masyarakat yang menjadi target program pemerintah ini. Media properti seperti rumah123.com pun belum bisa mendapatkan data base, proyek yang masuk di dalam program populis ini.

Pemerintah, selang beberapa saat setelah presiden melakukan peluncuran program ini, baru membuat data base proyek. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lewat Tim Monitoring dan Pengendalian Program 1 Juta Rumah, pun saat ini tengah membuat website khusus informasi tentang program 1 juta rumah ini.? Demikian dikatakan Sekretaris Tim Monitoring dan Pengendalian Program 1 Juta Rumah, Kuswardono sebagaimana dikutip detik, Senin, 11/5/2015.

“Kita sudah mengembangkan database 1 juta rumah. Setiap perusahaan pengembang bisa punya akses langsung untuk mengunggah datanya langsung ke web, ke internet. Jadi kita bisa realtime. Ini untuk menjawab pertanyaan masyarakat juga,” ujar Kuswardono.

Menurut dia, website ini nantinya akan menyajikan data yang cukup komprehensif, mulai dari lokasi proyek, nama pengembang dan nomor kontak mereka, hingga bank pelaksana yang menyalurkan KPR bersubsidi, harga dan berbagai persyaratan lain yang harus dipenuhi masyarakat. Website ini juga akan menyertakan berbagai artikel berita seputar program ini.

Benar kata Kuswardono, sistem keterbukaan informasi ini akan sangat membantu masyarakat. Sebab setiap wilayah akan ada informasi soal lokasi rumah subsidi dan kontak pengembangnya. Sayangnya, mengapa ini tidak dipersiapkan sejak dini sehingga begitu program diluncurkan, masyarakat pun tidak kebingungan mencari informasi.

Pekan depan, masyarakat sudah bisa mengakses website yang tidak berdiri sendiri namun masih menjadi bagian dari www.pu.go.id. “Sekarang sedang finalisasi. Pekan ini selesai, diharapkan pekan depan sudah bisa diakses,” tutupnya. (Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me