LRT Dukuh Atas-Cawang-Grogol Akan Beroperasi 2018

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah menegaskan akan membangun jalur transportasi berbasis rel atau light rail transit (LRT) di Jakarta. Menteri Perhubungan Ignatius Jonan menyatakan, untuk tahap awal pembangunan LRT akan dilakukan di dua koridor, yaitu Cawang-Dukuh Atas dan Cawang-Grogol.

Light Rail Transit

Ilustrasi: Light Rail Transit

“Dua koridor ini ditargetkan bisa rampung dalam waktu tiga tahun. Tender proyek sudah dipegang oleh Adhi Karya dan siap dimulai pembangunannya (groundbreaking). Nanti daya angkutnya bisa mencapai 200 ribu penumpang sehingga bisa mengurangi beban kereta rel listrik (KRL) yang saat ini mengangkut sampai 800 ribu penumpang,” ujarnya kepada media di Jakarta, Rabu (20/5).

Jonan mengatakan besaran tiket LRT saat ini masih dikalkulasi. Nanti kalau sudah final akan diputuskan melalui keputusan presiden (Keppres). Pemerintah rencananya akan memberikan subsidi sehingga harga tiketnya  lebih terjangkau. Pembangunan LRT  diharapkan memberikan alternatif kepada masyarakat dalam menggunakan moda transportasi.

“Yang pasti tiketnya harus terjangkau tapi juga harus komersial biar nggak terlalu merugi. Tahun ini pembangunannya akan dimulai (groundbreaking), makanya saya optimistis tahun 2018 sudah rampung dan bisa digunakan,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me