Penggunaan Semen Instan Makin Meluas

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Produk mortar instan untuk pasangan bata, plesteran, dan acian kian banyak digunakan menggantikan produk semen konvensional. Melihat celah ini produsen semen Holcim meluncurkan mortar instan sekaligus untuk tiga fungsi: pasangan, plesteran, dan acian.

“Kami optimistis dengan perkembangan pasar bahan bangunan di Indonesia dan melihat masih banyak peluang yang bisa dikembangkan. Karena itu Holcim secara resmi memperkenalkan produk ini untuk dipasarkan di area Jabodetabek terlebih dahulu,” ujar Juhans Suryantan, Vice President Sales PT Holcim Indonesia Tbk, saat peluncuran produk di Jakarta, Kamis (21/5).

semen holcim

Ketiga produk mortar Holcim ini memiliki keunggulan sesuai dengan kegunaan masing-masing dan telah melalui proses ujicoba dan standarisasi. Holcim Pasangan dapat digunakan untuk pengisi celah yang lebih tipis dan rata sehingga cocok digunakan untuk bata ringan. Daya rekatnya tinggi serta hemat penggunaan karena adukan yang lebih tipis.

Holcim Plesteran dapat digunakan untuk aplikasi bata ringan, bata merah, maupun bataton yang memiliki keunggulan antara lain mengurangi retak halus di dinding sehingga membuat permukaan dinding lebih sempura. Sementara Holcim Acian diaplikasikan untuk permukaan dinding plesteran dan dinding beton sebagai dasar yang tepat untuk pengecatan. Produk ini juga mudah diaplikasikan dengan waktu kering yang lebih cepat.

Diakui Juhans, edukasi untuk produk mortar ini cukup panjang karena masih banyak para tukang yang lebih senang menggunakan campuran konvensional berupa semen biasa ditambah air. Namun seiring perkembangannya, produk ini mulai banyak digunakan khususnya di daerah perkotaan maupun sub urban karena lebih praktis, bersih, dengan hasil yang lebih baik dan halus.

Karena itu Holcim menyasar area Jabodetabek terlebih dahulu karena produk ini berkembang seiring dengan perkembangan bata ringan. Artinya, bila suatu wilayah banyak menggunakan produk bata ringan, maka produk mortar instan juga banyak digunakan. Makanya kendati Holcim lebih belakangan masuk ke produk mortar instan tapi tidak merasa terlambat karena produk ini juga masih dalam tahap edukasi.

“Kami yakin nanti pada saatnya semua akan menggunakan produk mortar instan yang lebih praktis. Kita lihat Singapura, di sana sekarang bangunannya sudah menggunakan bata ringan dan mortar instan dan tidak ada lagi yang menggunakan adukan konvensional. Maka kami sangat optimistis dengan prospek produk baru ini,” jelasnya.

Juhans mengklaim produk mortar Holcim lebih hemat 10 persen dibandingkan produk lain sejenis. Untuk harganya, Holcim Plesteran berkisar Rp65 ribu-Rp70 ribu/sak (40 kg), Holcim Pasangan Rp85 ribu-Rp90 ribu/25 kg, dan Holcim Acian Rp90 ribu-Rp100 ribu/25 kg. Setiap saknya rata-rata dapat digunakan untuk dinding dengan luasan 8 m2.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me