Aturan Uang Muka KPR Diusulkan Tak Berlaku Sama di Semua Daerah

Big Banner

Jakarta – Kepala Ekonom Bank Central Asia, David Sumual usul aturan uang muka minimal untuk KPR tipe 70 meter2 ke atas dan KPA untuk pemilikan kedua dan seterusnya tak berlaku di semua daerah sebagaimana rencana BI. “Kurang bagus, memang ada beberapa wilayah yang mengalami bubble harga properti, tapi ada juga yang belum,” kata David kepada Tempo, Kamis, 11 Juli 2013.

David menjelaskan, jika aturan ini berlaku di semua daerah, maka bisnis properti bisa tak berkembang. “Tidak bisa semua daerah,” katanya. Toh, harga di daerah-daerah tertentu masih normal, belum mengarah ke bubble.

Meski begitu, David mendukung rencana BI menerapkan aturan uang muka minimal untuk KPR atau KPA kedua dan seterusnya. “Ini cukup baik, saya justru kurang setuju aturan uang muka untuk yang juga berlaku untuk rumah pertama,” ujarnya. Pasalnya, pemilikan rumah masih rendah dan orang cenderung bekerja keras untuk melunasi kredit rumah pertama.

Aturan yang kali ini dinilainya lebih tepat sasaran. Dengan cara ini, BI bisa mengantisipasi aksi spekulasi di pasar properti, yang ujung-ujungnya bisa mendorong kredit macet.

Ditanya soal bahaya kredit macet sektor properti, David mengatakan mengacu pada survei Cushman and Wakhefield, memang ada kecenderungan semakin banyak yang membeli properti secara kredit. “Setahun terakhir beralih ke kredit, sekarang sekitar 50 persen tunai, 50 persen kredit,” ujarnya. Jika persentase pemilikan secara kreditnya sudah lebih tinggi, kondisi bisa disebut semakin berisiko.

Ekonom Standard Chartered Bank, Eric Sugandi berpendapat tujuan aturan ini adalah memperlambat pertumbuhan kredit dan menurunkan tekanan inflasi. Rencana penerapan uang muka 30-50 persen untuk KPR/KPA dan KP Ruko kedua dan seterusnya dengan rentang 30 persen – 50 persen dinilainya tak berlebihan mengingat aturan semula yang menetapkan 30 persen untuk KPR tipe 70 meter2 toh tetap membuat pertumbuhan masih kencang.

MARTHA THERTINA

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me