Waralaba Indonesia Belum Siap Ekspansi ke Luar Negeri

Big Banner

Perusahaan waralaba Indonesia masih dianggap belum siap untuk ekspansi ke luar negeri. Hal tersebut setidaknya yang disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar.     

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat mengapa waralaba dalam negeri sulit untuk go internasional. Salah satunya seperti kurangnya inovasi, lemahnya manajemen bisnis dan lemahnya pemenuhan standar kualitas di masing-masing negara tujuan.  

Go internasional itu tidak mudah dilakukan oleh pewaralaba karena mereka harus menyesuaikan diri dengan keadaan negara yang dituju seperti standar kebersihan dan kesehatan, peraturan, budaya, hingga konsumen,” kata Anang kepada Rumahku.com

Tidak hanya itu, minimnya peran serta pemerintah untuk membantu pengusaha lokal juga menjadi salah satu penyebab mengapa waralaba Indonesia sulit untuk go internasionalMenurutnya, jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, peran pemerintah Indonesia masih kurang untuk memberikan kemudahan usaha dan bantuan lain. Bahkan bunga kredit pinjaman perbankan di Indonesia jauh lebih besar bila dibandingkan Malaysia.

“Di sana itu ada pembinaan dan pendampingan juga dikasih modal yang  bunganya rendah. Bila dibandingkan Malaysia tingkat bunga bank kita itu tinggi sekarang itu 12 persen dan Malaysia hanya 4 persen,” ungkap Anang. 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me