Mau Hidup Enak Tinggalah di Negara Ini (1)

Big Banner

JAKARTA – Siapa yang tidak mau hidup bahagia? Selain individu itu sendiri, namun bahagia atau tidaknya warga juga tergantung lokasi negara. Lalu, negara manakah yang paling baik untuk ditempati?

Australia dinobatkan sebagai negara paling baik untuk hidup di dunia. Organisation for Economic Cooperation and Development’s (OECD) mengungkap, Negeri Kanguru itu menjadi negara paling baik berdasarkan indeks kehidupan.

Dalam sebuah survei OECD yang dilansir dari CNN, Kamis (5/6/2015), berikut daftar negara paling baik untuk hidup di dunia.

 

1. Australia

Australia merupakan negara yang paling bahagia untuk hidup. Negara ini telah mempertahankan posisi teratas di indeks tahunan kehidupan yang lebih baik OECD.

Australia rendah polusi dan tingkat keamanan yang tinggi. Adapun kelemahan hidup di Australia, yaitu merasa sulit untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan.

2. Swedia

Swedia telah mengalahkan Norwegia untuk mengklaim tempat kedua dalam peringkatnya. OECD telah mencari kunci kebahagiaan dan kesejahteraan selama hampir 15 tahun.

Peneliti yang memimpin di sebuah organisasi, Romina Boarini mengatakan, indeks kehidupan yang lebih baik memperhitungkan beberapa tindakan tradisional seperti pendapatan dan pekerjaan.

Swedia memiliki pendapatan rumah tangga yang tinggi dan keamanan kerja yang baik. Indikator terburuk Swedia adalah keselamatan pribadi.

3. Norwegia

Norwegia merosot ke peringkat tiga dibandingkan tahun lalu yang berada di peringkat kedua, tapi Norwegia masih negara di peringkat di atas rata-rata di sebagian besar kriteria.

Para peneliti mengukur dengan melihat indikator yang lebih subjektif, seperti kepuasan hidup dan kesetaraan. Hal tersebut menjadi kriteria penting secara keseluruhan untuk kebahagiaan rakyat.

4. Swiss

Swiss menempati urutan keempat secara keseluruhan, dan termasuk di peringkat atas untuk pekerjaan, kesehatan, dan kepuasan hidup. Swiss memiliki pendapatan rumah tangga tertinggi kedua dalam indeks, setelah Amerika Serikat (AS).

Laporan menurut OECD, uang tidak bisa membeli kebahagiaan yang merupakan sarana penting untuk mencapai standar hidup yang lebih tinggi. Indeks kehidupan yang lebih baik membandingkan 36 negara berdasarkan 11 topik dan puluhan kriteria.

5. Denmark

Denmark merupakan negara paling baik untuk hidup di peringkat kelima, memiliki rekor terbaik untuk keseimbangan kehidupan kerja dan kebahagiaan.

Peringkat kehidupan di Denmark memiliki kepuasan kehidupan di 7,5 dari 10 poin, dibandingkan dengan rata-rata 6,6 poin. (Bersambung)

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me