Lift Hemat Pada Bangunan Bertingkat

Big Banner


TEMPO.CO, Jakarta–Lift merupakan salah satu struktur utama dari sebuah bangunan bertingkat, baik di apartemen atau rumah susun bersama. Karena sifatnya yang merupakan struktur utama, lift paling banyak menyedot listrik terutama ketika membuka dan menutup pintu.

“Lift paling banyak menghabiskan listrik pada saat membuka dan menutup pintunya, bukan pada saat mengangkut orang ke atas atau ke bawah,” ujar Arsitek Didi Haryadi, di kantor Tempo, Selasa 14 Mei 2013. Karena itu, saat ini lift didesain hanya berhenti di beberapa lantai saja.

Didi mencontohkan, Lift hanya berhenti dan membuka pintunya di lantai 1 – 4 kemudian lantai 5 – 8. Sementara orang yang tinggal di bangunan tersebut dapat memilih lantai terdekat untuk menuju ke ruang tempat tinggalnya. “Misalnya orang yang tinggal di lantai enam bisa memilih berhenti di lantai lima atau delapan, lebih dekat mana terserah dia,” kata Didi.

Dengan pemilihan lantai tertentu, seorang pengguna lift tidak perlu membuka pintu berkali – kali. Setidaknya, dengan jangkauan lift di setiap 4 lantai, intensitas pembukaan pintu dapat dikurangi. Dengan begitu pula, penghuni bangunan bertingkat dapat menghemat energi dan mengurangi pembayaran tagihan yang ditanggung bersama.

CHETA NILAWATY

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me