Dua Jalan Tol Beroperasi, Mudik Lebaran 2015 Lebih Lancar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono menyatakan musim mudik kali ini lebih baik dengan beroperasinya dua jalan tol, yaitu Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Gempol-Pandaan. Jalan tol Cipali diresmikan pada 13 Juni 2015, sementara jalan tol Gempol-Pandaan diresmikan Jum’at kemarin (12/6).

Tol Cikopo Palimanan

Tol Cikopo Palimanan

“Dengan beroperasinya dua jalan tol baru ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas untuk musim mudik kali ini. Paling tidak bisa menurunkan kepadatan di Pantura (pantai utara) Jawa hingga 40 persen. Jalan tol Cipali memiliki panjang 116,75 km yang dibangun sejak 2013 dengan investasi Rp12 triliun,” ujar Basuki di Jakarta, Kamis (11/6).

Sementara jalan tol Gempol-Pandaan  memiliki panjang 13,61 km dibangun dengan investasi Rp1,2 triliun. Kepadatan arus lalu lintas di jalur Pantura saat mudik diperkirakan mencapai 120 ribu kendaraan per hari padahal kapasitas maksimum jalan hanya untuk 30 ribu-40 ribu kendaraan per hari.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJL) yang mengoperasikan Cipali adalah PT Lintas Marga Sedaya (LMS), sementara untuk Gempol-Pandaan PT Jasa Marga Tbk. Jalan tol Cipali ini memiliki 99 jembatan dengan tujuh pintu masuk dan keluar berupa simpang susun. Selain itu disediakan juga delapan rest area dengan tipe A (memiliki SPBU) dan empat tipe B (tanpa SPBU).

Sementara jalan tol Gempol-Pandaan memiliki sembilan jembatan dan underpass, dua buah jembatan penyeberangan orang, dan jumlah simpang susun dua buah. Jalan tol Cipali sendiri awalnya disebut Cikapali (Cikampek-Palimanan), hanya saja karena lokasi tepatnya di Cikopo sehingga diganti menjadi Cipali.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me