Ini Dampak Anjloknya Rupiah Bagi Penjualan Rumah

Big Banner

Ada banyak faktor yang menjadi pemicu melambatnya pertumbuhan sektor properti di Indonesia tahun ini. Sebagaimana diwartakan Kantor Berita Antara, Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mensinyalir bahwa dampak dari pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sangat terasa pada penjualan rumah untuk seluruh tipe.

“Pelemahan rupiah yang terus terjadi pada saat kondisi ekonomi cenderung lesu seperti sekarang ini sangat berpengaruh terhadap lemahnya daya beli masyarakat terhadap rumah,” kata Ketua Bidang Promosi dan Publikasi DPD REI Jateng Dibya K Hidayat di Semarang, pekan ini.

Dampak dari pelemahan rupiah adalah lonjakan yang terjadi pada harga-harga bahan bangunan khususnya yang merupakan produk impor. Meningkatnya harga bahan bangunan, akan menyebabkan peningkatan harga properti di sisi lain. Nah, apabila pelemahan rupiah tidak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi maka masyarakat akan menunda pembelian rumah.

Sementara itu, agar penjualan rumah tidak semakin buruk pihaknya berharap agar wacana kebijakan Pemerintah mengenai penghapusan uang muka sebelum fisik rumah jadi 100 persen dikaji ulang.

“Dalam hal ini yang menjalankan kebijakan ini adalah REI, jadi kami harus dilibatkan dalam pembahasannya,” katanya. (Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me