Ini Alasan Kenapa Negara Luar Lebih Berhasil Membangun Kota Mandiri

Kawasan Digital Hub BSD City yang diluncurkan Sinar Mad Land, Selasa (21/6). Foto: Rumah123/Sinar Mas LandKamu gak asing lagi dengan istilah kota mandiri, bukan? Pastinya kamu juga tahu bahwa membangun ...

  • propertidata
  • 2016.12.20
  • 1158

    view

  • Ini Alasan Kenapa Negara Luar Lebih Berhasil Membangun Kota Mandiri

    Kawasan Digital Hub BSD City yang diluncurkan Sinar Mad Land, Selasa (21/6). Foto: Rumah123/Sinar Mas Land

     Kamu gak asing lagi dengan istilah kota mandiri, bukan? Pastinya kamu juga tahu bahwa membangun sebuah kota mandiri ga semudah membalik telapak tangan.

    Associate Director, Master Planning, Design Planning Ecomomics PT AECOM Indonesia, Ardzuna Sinaga, mengatakan, sebuah konsep desain kota mandiri perlu waktu berbulan-bulan untuk merumuskan dan merencanakannya.

    Baca juga: Paradise Resort, Kota Mandiri dengan Lokasi Strategis

    "Kalau cuma gambar desainnya itu kami butuh waktu tiga sampai empat bulan. Belum lagi pengerjaan dan konsultasinya," katanya usai ditemui rumah123.com pada HUT ke-28 Sketsa yang berlangsung di Universitas Tarumanagara, Sabtu (17/12).

    AECOM Indonesia, yang mendesain dan membuat perencanaan Kota Mandiri BSD City, terdiri atas para ahli infrastruktur, bidang transportasi, desain interior dan eksterior, serta bina marga. AECOM sudah lama menjalin kerja sama dengan kalangan pemerintahan dan para pengembang.

    Baca juga: Township dan Superblok Bisa Menjawab Kebutuhan Konsumen Properti

    Ga heran kan kalau BSD City Sinar Mas Land sudah terbukti berhasil sebagai kota mandiri. AECOM pernah menangani pembangunan sebuah kota di Singapura, Vietman, dan Hongkong. Ada perbedaan perencanaan pembangunan kota mandiri antara Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

    "Kalau di negara luar sudah enak, kita tinggal tambahkan sedikit desain saja, sama pembangunan apartemen atau rumahnya, karena di negara luar sudah ada TOD (transit oriented development)-nya," ucap Ardzuna Sinaga.

    Baca juga: Township dan Superblok Bisa Menjawab Kebutuhan Konsumen Properti

    Menurutnya, itu alasan kenapa negara luar lebih maju ketimbang Indonesia. Selain itu, budaya masyarakatnya memudahkan negara-negara lain itu jadi maju.

    "Di Filipina, waktu pemimpinnya itu meninggal, mereka gunakan baju hitam selama seratus hari. Kebersamaan mereka itu bagus. Jadi, culture mereka itu benar-benar melekat," ujarnya.

    Penentuan jalur transportasi juga paling rumit untuk sebuah desain pembangunan kawasan kota mandiri. "Kita harus menemukan satu titik jalur yang tersambung. Juga jalur transportasi publik terdekat seperti apa," katanya lagi. (Wit)

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci