Prancis Bangun Jalan Raya Panel Surya Pertama di Dunia

TOUROUVRE-AU-PERCHE - Menteri Lingkungan Hidup Prancis Sgolne Royal resmi membuka jalanan surya pertama di dunia. Terletak di Tourouvre-au-Perche, jalanan berpanel surya ini terbentang sepanjang 1 kilometer ...

  • propertidata
  • 2016.12.23
  • 1192

    view

  • Prancis Bangun Jalan Raya Panel Surya Pertama di Dunia

    TOUROUVRE-AU-PERCHE - Menteri Lingkungan Hidup Prancis Ségolène Royal resmi membuka jalanan surya pertama di dunia. Terletak di Tourouvre-au-Perche, jalanan berpanel surya ini terbentang sepanjang 1 kilometer (km) dengan total panel surya sebanyak 2.990 panel.

    Dilansir dari laman inhabitat, Jumat (23/12/2016), jalanan surya ini dibangun oleh perusahaan konstruksi teknologi bernama Colas Wattway. Saat ini pemerintah setempat tengah meninjau seberapa efektif eksperimen ini demi terciptanya energi bersih. Jalanan dirancang untuk menghasilkan kekuatan energi yang cukup untuk menerangkan seluruh jalan di desa yang berpenduduk 3.400 orang.

    BERITA REKOMENDASI

    Pertumbuhan Mal Harus Dibarengi Penataan KotaPemerintah Upaya Minimalisir Lahan KritisTata Wajah Kota, Pemkot Siapkan Dana Ratusan Miliar



    Dalam menggarap proyek ini, pemerintah Prancis menganggarkan sekitar 5 juta euro atau Rp70,17 miliar (mengacu kurs Rp14.033 per euro) hanya untuk konstruksinya. Pelapisnya terdiri dari lima lapisan silikon termasuk untuk panel surya, guna mencegah dari kerusakan.

    Wattway mengharapkan jalan panel surya akan menghasilkan 280 jam megawatt (MW) listrik per tahun, dengan produksi harian bervariasi tergantung pada cuaca. Perusahaan juga menyebutkan pihaknya mengantisipasi 767 kWh setiap hari, dengan output listrik bahkan 1.500 kWh per hari selama musim panas.



    Panel jalan surya akan diuji selama dua tahun dengan umur dan output menjadi dua faktor utama yang harus dipertimbangkan. Direktur Wattway Jean-Charles Broizat tampak optimistis. "Kami masih pada tahap percobaan. Membangun sebuah lahan uji coba skala ini adalah kesempatan nyata untuk inovasi kami. Lahan percobaan ini telah memungkinkan kami untuk meningkatkan proses pemasangan panel photovoltaic serta manufakturnya, dalam rangka untuk terus mengoptimalkan inovasi kami,"jelasnya.

    Namun tidak semua warga setempat senang terhadap keberadaan jalan panel surya tersebut. Beberapa di antaranya berpikir pemerintah dianggap hanya membuang-buang uang terlalu banyak. Sementara dalam jangka panjangnya pemerintah Prancis memiliki tujuan utama yakni menutupi jalan raya dengan panel surya sepanjang 1.000 km.

    property.okezone.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci