Perkara Jembatan Terpanjang, Tiongkok Curi Gelar dari AS dan Kanada

Big Banner

KOMPAS.com – Taman nasional yang indah di provinsi Hunan, Tiongkok, yaitu Zhangjiajie, pada bulan Juli mendatang bisa dikunjungi secara resmi melalui jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia.

Mencakup dua tebing di daerah Grand Canyon Zhangjiajie, jembatan ini akan memiliki panjang 430 meter dan lebar 6 meter. Tidak hanya itu, jembatan ini juga dirancang melayang di atas ketinggian 300 meter. Dimensi yang mengalahkan rekor Grand Canyon Skywalk di Amerika Serikat, dan Glacier Skywalk Kanada di Alberta.

Haim Dotan Jembatan ini akan memiliki panjang 430 meter dan lebar 6 meter. Tidak hanya itu, jembatan ini akan melayang di atas ketinggian 300 meter.

Sebagai perbandingan, Grand Canyon Skywalk di Amerika Serikat memiliki panjang 21 meter dan berdiri setinggi 219 meter di atas lembah yang curam. Sedangkan Glacier Skywalk Kanada di Alberta yang dibuka tahun lalu, memanjang 35 meter dari tebing dan memiliki tinggi sekitar 300 meter. Jembatan ini tidak memakai beton atau baja sama sekali.

Arsitek Israel Haim Dotan mendesain jembatan Zhangjiajie dan berperan penting pada Expo Israel Pavilion di Shanghai pada 2010. Dotan mengatakan, jembatan akan berfungsi sebagai landasan yang biasa digunakan saat pergelaran busana dan mampu menampung hingga 800 orang sekaligus.

Grand Canyon dari Zhangjiajie Skywalk juga akan menawarkan olahraga bungee jumping tertinggi di dunia. Artinya, Zhangjiajie mencuri gelar tersebut yang sebelumnya dipegang oleh Macau Tower dengan atraksi setinggi 233 meter.

Zhangjiajie sendiri adalah sebuah taman seluas 56 kilometer persegi di dalam wisata yang lebih besar, Wulingyuan Scenic Area. Area ini memiliki total luas 26.000 hektar dan telah dideklarasikan oleh UNESCO sebagai situs bersejarah dunia.

Zhangjiajie sudah terbuka untuk umum sejak 2009 dan dikatakan telah menginspirasi latar planet Pandora yang indah dalam film “Avatar”. Taman ini merupakan satu dari beberapa taman nasional di dalam Wulingyuan dan kawasan hutan reservasi Tiongkok pertama.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me