Ingat Ya, Selalu Waspada Terhadap Aksi Kejahatan di Rumah (Bagian 1)

Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)Masyarakat baru saja dikejutkan dengan berita pembunuhan sadistis di Pulomas, Cempaka Putih, Jakarta Timur. Enam orang meninggal setelah sebelumnya disekap dalam kamar ...

  • propertidata
  • 2016.12.29
  • 4732

    view

  • Ingat Ya, Selalu Waspada Terhadap Aksi Kejahatan di Rumah (Bagian 1)

    Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

    Masyarakat baru saja dikejutkan dengan berita pembunuhan sadistis di Pulomas, Cempaka Putih, Jakarta Timur. Enam orang meninggal setelah sebelumnya disekap dalam kamar mandi sempit berukuran 1,5 kali 1,5 meter pada Selasa (27/12). Sementara lima orang lainnya masih dirawat di rumah sakit.

    Memang belum dipastikan apakah perisitwa ini pembunuhan murni, perampokan, atau ada motif balas dendam. Kejahatan memang bisa terjadi kalau ada kesempatan. Untuk itu, kamu harus selalu waspada saat berada di rumah baik sendiri atau beramai-ramai.

    Baca juga: Untuk Apa Sih Memasang Pagar di Depan Rumah? Ini Alasannya Lho

    Kecuali kamu tinggal di perumahan cluster dengan sistem one gate plus security, kamu tidak perlu melakukan sederetan tips ini. Biasanya, perumahan seperti ini mewajibkan tamu meninggalkan kartu identitas saat masuk.

    Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa terhindar atau mencegah dari aksi kejahatan di rumah seperti perampokan, pencurian, dan sejenisnya.

    Baca juga: Ingat Lho, Awasi Pemakaian Listrik Supaya Terhindar dari Kebakaran

    Pertama, biasakan menutup serta mengunci pintu rumah serta pagar rumah. Kalau kamu hanya sendirian di rumah, biasakan melakukan hal ini.

    Kalau kamu meninggalkan putra putri hanya bersama pengasuh atau asisten rumah tangga, hal ini juga wajib dilakukan.

    Baca juga: Desain Arsitektur Harus Utamakan Keselamatan dan Kenyamanan Pengguna Lho!

    Jangan lupa untuk memiliki kunci yang bagus karena bukan tidak mungkin penjahat datang ketika kamu terlelap di malam hari, bukan di siang hari saat kamu berada di luar rumah.

    Penjahat memang selalu mencari waktu ketika kamu lengah. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menaruh dua kunci pada pintu rumah.

    Baca juga: Agen Properti Harus Bisa Jaga Diri Loh!

    Jangan lupakan untuk selalu menutup pintu garasi. Kalau terbiasa terbuka, orang yang punya niat jahat bisa mengetahui keberadaan kendaraan bermotor yang kamu miliki.

    Kedua, tidak membiasakan membuka pintu bagi orang yang tidak dikenal. Jangan membuka pintu kalau kamu tidak mengenal tamu.

    Baca juga: Baca Dulu Nih, Kalau Ingin Terhindar dari Kebakaran

    Kalau kamu tinggal di perkampungan, orang yang biasa datang adalah pengurus RT, petugas PLN dan PAM, dan tukang pengangkut sampah. Kamu harus terus mengingatkan asisten rumah tangga agar tidak membuka pintu ketika kamu dan pasangan tidak berada di rumah.

    Ketiga, memasang CCTV. Kalau kamu sering bepergian atau bekerja seharian, pilihan ini bisa dilakukan agar kamu bisa memantau apa yang terjadi di rumah.

    Baca juga: Waspada! Aksi Kejahatan Menimpa Seorang Agen Properti di Tangerang

    Kamu bisa memasang tulisan kalau “rumah ini dipantau oleh CCTV” agar orang iseng tidak berusaha mencari tahu tentang rumah kamu.

    Keempat, memasang teralis pada jendela. Sebenarnya, tips ini memang dilematis karena memang melindungi dari pencuri namun bisa membahayakan kamu dan penghuni rumah lainnya ketika terjadi kebakaran.

    Baca juga: Hati-hati! Aksi Kejahatan Sadis Terjadi di Perumahan Pulomas, Jakarta

    Sering kali ada berita di media massa kalau ada penghuni rumah tidak bisa keluar ketika kebakaran terjadi. Padahal teralis ini ditujukan agar tidak ada orang iseng masuk ke dalam rumah.

    By the way, tips mencegah aksi kejahatan masih akan berlanjut dalam tulisan berikutnya.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci