Perumnas Bidik 30.000 Rumah pada 2017

Jakarta - Perumnas menargetkan pembangunan 30.000 rumah pada 2017. Jumlah tersebut meningkat dari target pembangunan tahun ini yaitu sebanyak 26.000 unit. Di sisi lain, Januari-Desember 2016 Perumnas hanya ...

  • propertidata
  • 2016.12.29
  • 1737

    view

  • Perumnas Bidik 30.000 Rumah pada 2017

    Jakarta - Perumnas menargetkan pembangunan 30.000 rumah pada 2017. Jumlah tersebut meningkat dari target pembangunan tahun ini yaitu sebanyak 26.000 unit. Di sisi lain, Januari-Desember 2016 Perumnas hanya mampu merealisasikan pembangunan 18.000 unit.

    "Tahun depan targetnya memang lebih besar dari tahun ini. Tapi kami optimistis kondisi ekonomi dan properti di Indonesia akan lebih baik," kata Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo, di Jakarta, Kamis (29/12).

    Dia mengatakan, sepanjang 2016 pasar properti yang besar masih berada di sekitar Jabodetabek. Dengan demikian, kata Bambang, pihaknya akan fokus membangun perumahan di kawasan tersebut.

    "Dari hasil survey, pasar perumahan ternyata sebesar 52% adanya di Jabodetabek. Maka kita akan prioritaskan (pembangunan hunian) di kawasan yang potensial tersebut," katanya.

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan SDM Perumnas Hakiki Sudrajat mengatakan, pada tahun depan Perumnas mengalokasikan anggaran belanja (capital expenditure/capex) sekitar Rp 3-3,5 triliun. Angka tersebut diperoleh dari kas internal dan sejumlah pinjaman seperti dari BTN tersebut.

    "Capex tersebut belum termasuk belanja lahan. Kalau dengan lahan bisa mencapai Rp 4 triliun," katanya.

    Di sisi lain, Hakiki mengatakan, pengembang merasakan keberatan dengan bunga kredit konstruksi dari bank yang bisa mencapai 13%. Senada dengan pengembang lain, Perumnas telah mengusulkan agar bunga kredit konstruksi bisa menjadi single digit.
    "Kami sudah sering sampaikan keberatan. Seharusnya bunga bisa ditekan sampaj 6%, karena ini kan agar KPR bagi konsumen lebih ringan. Tahun depan mesti ada penurunan suku bunga," katanya.



    Laila Ramdhini/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci