Kurang Sosialisasi, BPJS Ketenagakerjaan Stop Fasilitas DP Rumah

JAKARTA - Fasilitas Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sudah dihentikan sejak hampir dua tahun lalu. Keputusan untuk dihentikannya fasilitas ...

  • propertidata
  • 2016.12.29
  • 1753

    view

  • Kurang Sosialisasi, BPJS Ketenagakerjaan Stop Fasilitas DP Rumah

    JAKARTA - Fasilitas Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sudah dihentikan sejak hampir dua tahun lalu. Keputusan untuk dihentikannya fasilitas ini oleh pemerintah atas dasar beberapa pertimbangan.

    Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Abdul Latief mengatakan, kemungkinan salah satu pertimbangan lantaran banyak peserta yang belum mengetahuinya. Alhasil, tidak banyak pula yang memanfaatkan fasilitas tersebut yang sebenarnya memudahkan peserta tersebut.

    BERITA REKOMENDASI

    Dukung Pekerja Punya Rumah, BPJS Ajak Bank dan Pengembang KerjasamaBTN dan BPJS Ketenagakerjaan Godok Bunga KPR Lebih RendahCara BPJS Ketenagakerjaan Dorong Pekerja Bisa Beli Rumah

    Pihaknya juga mengakui masih minim peserta yang memanfaatkan fasilitas untuk mendapat uang muka pembelian rumah tersebut lantaran kemungkinan besar salah satunya juga disebabkan kurangnya BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan sosialisasi.

    "Belum terlalu banyak yang mengetahui keberadaannya dan juga memanfaatkannya. Karena mungkin belum ada banyak informasi soal hal tersebut, dan mungkin kami juga kurang sosialisasi. itu bisa jadi. Bisa jadi juga prosedurnya ribet. Akhirnya dievaluasi sama kami dan pemerintah terkait untuk sepakat dihilangkan saja," ucapnya saat dihubungi Okezone di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

    Sebagai gantinya, kata dia, pada Oktober 2015 BPJS Ketenagakerjaan mengembangkan fasilitas baru yakni dengan bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) melalui Perumahan Pekerja Kerja Sama Bank (PPKSB). Skemanya berbeda dari fasilitas sebelumnya, dengan tujuan memberikan keringanan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) bagi para peserta BPJS ketenagakerjaan.

    "Nah, sekarang kan sudah setahun sudah muncul lagi. Itu bukti bahwa pemerintah dan kami mendengar aspirasi dari para peserta. Yang ternyata program itu bermanfaat sebelumnya," tuturnya.

    property.okezone.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci