Pengerjaan Sejumlah Proyek Jalan Tol Tidak Lagi Mangkrak

Jalan penghubung tol Tanjung Priok diprediksi akan rampung Maret 2017Pembangunan jalan tol pada 2016 mulai menggeliat lagi. Sejumlah proyek yang mangkrak mulai dilanjutkan, sementara beberapa proyek lainnya ...

  • propertidata
  • 2016.12.30
  • 2053

    view

  • Pengerjaan Sejumlah Proyek Jalan Tol Tidak Lagi Mangkrak

    Jalan penghubung tol Tanjung Priok diprediksi akan rampung Maret 2017

    Pembangunan jalan tol pada 2016 mulai menggeliat lagi. Sejumlah proyek yang mangkrak mulai dilanjutkan, sementara beberapa proyek lainnya memulai peletakan batu pertama (groundbreaking).

    Proyek jalan tol yang groundbreaking adalah Jalan Tol Pemalang-Batang dan Batang Semarang yang dilakukan pada pertengahan 2016.

    Baca juga: Kalau Jalan Tol Ini Rampung, ke Danau Toba Ga Pake Lama

    Pengerjaan kedua proyek jalan tol ini tertunda selama sepuluh tahun lantaran terhambat oleh masalah pembebasan lahan. Tol Pemalang-Batang ini sepanjang 39,19 km, sedang Batang-Semarang memiliki panjang 75 km.

    Awal Desember 2016 ini, pembebasan lahan proyek tol Pemalang-Batang sudah mencapai 65 persen. Pembebasan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

    Baca juga: 2019, Delapan Jalan Tol Sumatera Ditargetkan Beroperasi Penuh

    Proyek tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepanjang 54 km juga kembali dikerjakan. Jalan tol sepanjang 54 km ini sering tertunda penyelesaiannya sejak peletakan batu pertama pada 1997. Proyek jalan tol yang dikerjakan oleh PT Waskita Toll Road (WTR) ini diharapkan selesai pada 2018.

    Kembali lancarnya proyek pengerjaan jalan tol ini memang tidak terlepas dari strategi pemerintah dalam mengatasi masalah pembebasan lahan dengan memakai dana talangan dan juga pendirian Lembaga Manajemen Aset (LMAN).

    Baca juga: Maret 2017, dari Jakasampurna ke Universitas Borobudur Bisa Lewat Jalan Tol Ini!

    Lembaga ini bertugas untuk mengelola aset negara, mempertimbangkan permasalahan mengenai kebutuhan dana pembebasan lahan yang tinggi, melakukan perencanaan pendanaan dan pendayagunaan lahan landbank, serta pembayaran ganti rugi pengadaan tanah. Semua ini membuat pelaksana proyek tak lagi ragu dalam melakukan pengerjaan yang telah ditugaskan

    Sejumlah jalan tol juga sudah mulai beroperasi pada 2016 yaitu dua ruas Trans Jawa. Ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto seksi IV sudah beroperasi pada 19 Maret 2016 sedangkan ruas Pejagan-Pemalang seksi I dan II juga sudah beroperasi sebelum Lebaran pada 16 Juni 2016.

    Baca juga: Dana Pensiun Boleh Dong Biayai Jalan Tol

    Sementara itu, beberapa proyek jalan tol juga sudah melakukan Penandatangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada akhir 2016 ini, di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) dan jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

    Jalan Tol Jakarta-Cikampek II ini memiliki panjang 36,84 km dan dikerjakan oleh Jasa Marga, sedangkan jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sepanjang 38,29 km dan dikerjakan oleh Waskita Karya.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci