Wisata Bahari Menakjubkan di TN Kepulauan Togean

Housing-Estate.com, Jakarta - Obyek wisata menarik di Indonesia sangat beragam dan tersebar di berbagai wilayah. Di Sulawesi misalnya, ada Taman Nasional KepulauanTogean yang keindahannya sungguh sempurna ...

  • propertidata
  • 2016.12.31
  • 2206

    view

  • Wisata Bahari Menakjubkan di TN Kepulauan Togean

    Housing-Estate.com, Jakarta - Obyek wisata menarik di Indonesia  sangat beragam dan tersebar di berbagai wilayah. Di  Sulawesi misalnya, ada Taman Nasional KepulauanTogean yang keindahannya sungguh sempurna. Letaknya di Teluk Tomini, Tojo Unauna, Sulawesi Tengah. Togean cocok untuk para pecinta wisata bahari. Kepulauan ini tidak kalah menakjubkan dengan Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Togean kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi.

    Kepulauan Togean punya dua area ekosistem berupa lautan seluas 292.000 hektar dan dataran 70.000 hektar. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang. Kepulauan ini terdiri atas enam pulau besar dan pulau-pulau yang lebih kecil, yang jumlahnya 60 pulau. Di sini tersimpan kekayaan alam yang sungguh mengagumkan dan membuat tercengang siapa pun yang menyaksikan. Togean punya ratusan jenis terumbu karang, ikan, moluska, dan beberapa jenis hewan yang sudah mulai langka.

    Kepulauan ini cukup populer di kalangan wisatawan manca negara. Panoramanya eksotis, pantainya indah berpasir putih,  dan alam bawah lautnya menyihir setiap mata yang memandang. Kepulauan Togean tercatat dalam daftar wilayah Coral Triangle Region  Indonesia-Filipina. Coral triangle merupakan wilayah segitiga perairan laut tropis yang memiliki lebih dari 500 spesies gugusan terumbu karang dan masuk kawasan konservasi utama dunia di bawah naungan WWF (World Wide Fund for Nature).

    Terumbu Karang

    Togean memiliki empat tipe terumbu karang, yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef).  Berbagai terumbu karang dengan aneka warna dapat ditemukan di dalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 famili tersebar di perairan kepulauan ini, 7 spesies di antaranya adalah spesies endemic KepulauanTogean. Yang paling terkenal pulau Kadidiri, Poya, Bolilangan, Malenge, Pengempa, dan Una-Una. Pulau-pulau itu punya resort pantai yang nyaman dengan halaman depan pantai berpasir putih dan laut bening yang dihiasi taman karang.

    Sumber: hipwee.com

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci