Pilihan Warna Menurut Feng Shui

Housing-Estate.com, Jakarta - Fengshui adalah ilmu yang mempelajari keseimbangan hawa positif (Yang) dan negatif (Yin) untuk membantu memperbaiki kehidupan. Aplikasinya antara lain melalui pemilihan bentuk ...

  • propertidata
  • 2016.12.31
  • 2378

    view

  • Pilihan Warna Menurut Feng Shui

    Housing-Estate.com, Jakarta - Fengshui adalah ilmu yang mempelajari keseimbangan hawa positif (Yang) dan negatif (Yin) untuk membantu memperbaiki kehidupan. Aplikasinya antara lain melalui pemilihan bentuk dan tata letak bangunan serta denah ruang dan pilihan warnanya. Pemilihan warna penting diperhatikan karena bisa memberikan energi positif-negatif. Supaya ada harmoni, aplikasinya harus pas mengikuti prinsip fengshui: keseimbangan lima elemen bumi (kayu, logam, air, tanah, api).

    “Jadi harus ada Yin dan Yang dalam pilihan warna, jangan ada warna yang terlalu mendominasi. Coba masuk ke ruangan yang warnanya pastel semua. Pasti bosan dan pusing. Warna kalem tadi bisa ditabrakkan dengan warna cerah seperti merah yang merupakan simbol keberutungan,” kata ahli fengshui dalam “Special Dinner Invitation With Erwin Yap” yang diadakan produsen cat Dulux di Jakarta akhir Maret. Berikut tips Erwin terkait aplikasi warna di rumah menurut fengshui.

    Ruang Keluarga/Tamu

    Ini ruang yang banyak mengalami siklus produktif karena tempat berkumpul. Siklusnya harmonis sehingga pilihan warnanya harus harmonis seperti merah dan biru. Merah dari elemen api, biru dari elemen air. Biru menjadi penyeimbang warna merah karena bersifat menenangkan api, sehingga menghasilkan Yin-Yang yang baik. Pilihan warna lain: kuning, coklat dan krem.

    Kamar Tidur Utama dan Anak

    Pink dan ungu adalah warna ketulusan dan keromantisan. Elemennya api, cocok untuk ruangan dengan privasi tinggi seperti kamar tidur utama. Untuk kamar anak, terutama yang hiperaktif, pilih warna berelemen tanah (kestabilan) seperti kuning dan oranye yang menggambarkan keceriaan, kegembiraan dan komunikasi yang kuat.

    Ruang Makan dan Dapur

    Kedua ruang banyak mengandung unsur api. Jadi dianjurkan memakai warna berelemen tanah karena paling baik menyeimbangkan api. Yaitu, warna-warna seperti kuning, oranye, emas, kuning kecoklatan atau hijau muda. Warna-warna ini dapat menyehatkan pencernaan dan menjernihkan pikiran. Sebaiknya tidak memilih warna gelap seperti hitam, coklat tua, hijau tua dan sejenisnya, karena membuat dapur terlihat kotor dan suram sehingga mempengaruhi mood makan dan memasak.

    Kamar Mandi

    Kamar mandi identik dengan elemen air. Karena itu sebaiknya memakai warna berelemen logam dan tanah seperti pastel dan putih untuk menyeimbangkan. Warna biru (elemen air) tidak disarankan karena elemen airnya jadi berlimpah (tidak seimbang).

    Ruang Kerja

    Ruangan yang cenderung berkutat dengan pikiran dan konsep ini disarankan memakai warna abu-abu dengan sedikit sentuhan warna putih atau krem yang mencerminkan elemen logam. Elemen ini bisa meningkatkan mood saat bekerja, menstimulus otak untuk lebih aktif menggali konsep dan insipirasi.

    Sumber: Majalah Housing Estate

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci