Pemkot Malang Permudah Izin Investasi Properti

Malang - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pada tahun ini bakal mempermudah pengembang yang mengajukan izin investasi di bidang properti di wilayah itu, mengingat peluang dan minat pengusaha di bidang itu ...

  • propertidata
  • 2017.01.02
  • 560

    view

  • Pemkot Malang Permudah Izin Investasi Properti

    Malang - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang pada tahun ini bakal mempermudah pengembang yang mengajukan izin investasi di bidang properti di wilayah itu, mengingat peluang dan minat pengusaha di bidang itu cukup tinggi.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang, Jawa Timur, Jarot Edy Sulistyono, mengatakan, pihaknya memprediksi pengusaha akan lebih berminat di bidang properti pada tahun ini seiring tren investasi global di Tanah Air belakangan ini.

    "Kami akan memberi kemudahan, keamanan, dan kenyamanan berinvestasi di Kota Malang. Kami buka selebar-lebarnya peluang investasi di bidang properti dan pelayanan kepada para pengembang juga akan kami optimalkan," kata Jarot, di Malang, Senin (2/1).

    Pihaknya bakal menyiapkan pelayanan prima setelah melakukan penyesuaian dan koordinasi dengan kepala bidang dan staf di instansi baru tersebut.

    "Sekarang saya belum masuk kerja, sehingga belum tahu, namun kami bertekad menjadikan Kota Malang ini sebagai kota yang ramah investor," ucapnya.

    Menyinggung regulasi terkait upaya menjadikan Kota Malang sebagai kota ramah investor, Jarot mengatakan sedang digodok, apakah akan dirancang peraturan daerah (perda) baru atau bentuk acuan hukum (regulasi) lainnya.

    "Yang pasti, kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan staf-staf yang ada di lingkungan DPMPTSP. Tunggu kami masuk kerja dulu besok (Selasa, 3/1)," urainya.

    Selama tiga tahun terakhir ini industri bidang properti di wilayah Kota Malang sempat menurun antara 20 hingga 30 persen karena berbagai hal, terutama turunnya daya beli masyarakat akibat ketidakstabilan perekonomian global, termasuk di Tanah Air. Dan, tahun ini diharapkan mampu meningkat kembali, paling tidak hingga 20 persen.

    Industri properti di Kota Malang tumbuh subur sekitar 10 tahun terakhir. Banyak lokasi-lokasi baru yang menjadi kawasan hunian. Perumahan muncul dimana-mana, mulai tipe rumah sederhana tapak atau yang dikenal dengan RSS hingga rumah mewah seharga miliaran rupiah.

    Lokasi hunian baru atau perumahan yang bermunculan itu, mulai dari yang berada di tengah kota hingga di pinggiran, seperti di wilayah Kecamatan Kedungkandang dan sejumlah wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Malang.

     

    /FER

    ANTARA

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci