BUMN Digenjot Bangun Rumah

JAKARTA Pemerintah akan menggenjot peran badan usaha milik negara (BUMN) dalam membangun perumahan untuk mewujudkan program satu juta rumah setiap tahun.Menteri BUMN Rini Soemarmo, mengatakan, kementerian ...

  • propertidata
  • 2017.01.03
  • 579

    view

  • BUMN Digenjot Bangun Rumah

    JAKARTA – Pemerintah akan menggenjot peran badan usaha milik negara (BUMN) dalam membangun perumahan untuk mewujudkan program satu juta rumah setiap tahun.

    Menteri BUMN Rini Soemarmo, mengatakan, kementerian sudah menghimbau kepada BUMN untuk bersinergi dalam menyediakan perumahan dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

    "Kebutuhan rumah di Indonesia ini masih sangat banyak. Karenanya, kita harus memberikan kesempatan kepada masyarakat agar mereka mendapatkan rumah, baik itu rumah landed (tapak) atau rumah susun,” kata Rini di Jakarta, belum lama ini.

    Dia mengatakan, pemerintah telah mengamanatkan kepada Bank Tabungan Negara (BTN) untuk menyalurkan kredit dan mempermudah proses akad kredit pemilikan rumah (KPR) bagi masyarakat. Rini juga menyebut Perumnas dan BPJS Ketenagakerjaan harus bersinergi untuk menyediakan rumah yang terjangkau bagi masyarakat. Rini juga meminta PT Semen Indonesia untuk menurunkan harga bahan baku untuk membangun rumah.

    Sementara itu, sebanyak tujuh BUMN menjalin sinergi untuk menyediakan perumahan pada 2017 yaitu Bank BTN yakni PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA), PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) (Indonesia Re), dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP). Lalu, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM), Perum Perumnas (Persero), dan BPJS Ketenagakerjaan.

    Dari sinergi ini, akan ada puluhan ribu orang yang berpotensi mendapatkan berbagai fasilitas dari Bank BTN. Penerima manfaat itu terdiri atas 21.250 karyawan 7 BUMN yang meneken kemitraan dengan Bank BTN dan 20.000 peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan debitur potensial.

    Beberapa fasilitas yang bisa diperoleh dari kemitraan ini seperti kredit atau pembiayaan yang menawarkan suku bunga kompetitif, jasa layanan dana, hingga jasa perbankan lainnya oleh Bank BTN. Fasilitas kredit pun beragam, mulai dari kredit ringan hingga kredit pemilikan rumah (KPR).

    Selain itu, kerja sama Bank BTN dengan PTPP dan Perumnas pun bakal mengerek naik pasokan rumah sebesar 46.600 unit setiap tahunnya. Peningkatan ini, dalam rangka memenuhi target Program Sejuta Rumah dan mengurangi angka backlog.

    Maryono melanjutkan, dalam jangka panjang, kerja sama ini juga bermanfaat bagi peningkatan kredit dan penghimpunan dana perseroan. “Ini sejalan dengan strategi kami untuk terus mencatatkan pertumbuhan bisnis yang saat ini masih berada di atas industri perbankan nasional,” ujar Maryono.



    /EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci