Ziarah Arsitektur di Kota Cirebon

Housing-Estate.com, Jakarta - Bangunan-bangunan kuno kalau dirawat dan dipertahankan akan memperkaya keindahan dan arsitektur kota. Selain menyimpan nilai sejarah itu gedung-gedung itu juga dapat dikomersialkan ...

  • propertidata
  • 2017.01.03
  • 653

    view

  • Ziarah Arsitektur di Kota Cirebon

    Housing-Estate.com, Jakarta - Bangunan-bangunan kuno kalau dirawat dan dipertahankan akan memperkaya keindahan dan arsitektur kota. Selain menyimpan nilai sejarah itu gedung-gedung itu juga dapat dikomersialkan dan punya nilai ekonomi tinggi.  Ini dapat dilihat di Kota Cirebon, Jawa Barat. Ada yang dimanfaatkan menjadi hotel, kantor bank, kantor pemerintahan, dan dipertahankan menjadi rumah tinggal.

    Setidaknya ada dua hotel yang memanfaatkan bangunan kuno, yaitu Hotel Tryas dan Hotel Cirebon Plaza, keduanya di Jl Kartini. Hotel Tryas yang bediri persis di perempatan dekat Grage Mall bangunannya sudah mengalami renovasi dengan atap curam bertumpuk-tumpuk mengombinasikan model atap pelana dan limasan. Arsitekturnya indah dengan didominasi warna teracota. Hotel ini tergolong favorit, tarifnya terjangkau, bersih, kamarnya cukup luas, dan letaknya di jantung kota. Hotel Cirebon Plaza yang berada di dekatnya bangunannya masih asli. Hanya kamar dan interiornya sudah mengalami restorasi.

    Cirebon Plaza Hotel

    Hotel ini masih menampakkan ciri kolonial kuat. Bangunannya melebar warna putih dengan bukaan dan jendela lebar. Interiornya dirancang dengan nuansa tradisional yang didominasi kayu. Kendati hanya dua lantai hotel ini tetap menarik perhatian kendati di dekatnya terdapat Luxton Hotel, hotel terbesar dan termewah di kota udang itu.

    BI Cirebon

    Balaikota

    Paling menarik Balaikota Cirebon di Jl Siliwangi. Bangunan yang berdiri lahan seluas 15.770 m2 ini diprakarsai oleh Jeskoot, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Stadsgemeente Cheribon zaman Hindia Belanda.  Langgam arsitekturnya art deco yang populer tahun 1920-an rancangan  H.P Hamdl dan C.F.H. Koll.  Bangunannya berbentuk anjungan kapal warna putih yang  puncaknya dihiasi empat ekor udang.

    Gedung Cipta Niaga

    Gedung Cipta Niaga di Jl Kebumen tidak kalah menarik. Bangunannya bertingkat dua yang dibangun tahun 1911 ini berbentuk kotak simetris kiri kanan. Di bagian tengahnya terdapat menara dan di setiap puncak bangunan terdapat konstruksi mengerucut seperti ujung anak panah. Masih ada Gedung Bank Indonesia Cirebon yang dulu menjadi jabtor Agentschap van De Javasche Bank te Cheribon. Gedung rancangan biro arsitek F.D. Cuypers & Hulswit bergaya art deco ini mulai digunakan  Maret 1921. Masih ada beberapa gedung  kuno yang menarik, sebutlah Gedung Negara Cirebon, Kantor Pos Besar, pabrik rokok BAT.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci