Perusahaan Tiongkok Bangun Gedung Mirip Pesawat Star Trek

Big Banner

KOMPAS.com – Selama ini, Tiongkok dikenal sebagai gudang pencakar langit dengan desain arsitektur yang tidak biasa. Namun, gedung ini, jauh tidak terbayangkan oleh benak siapa pun.

Menelan biaya 160 juta dollar AS (Rp 2,1 triliun), replika besar Enterprise atau kapal di film fiksi ilmiah (sci-fi) berjudul Star Trek, resmi dibangun. Kapal tersebut merupakan gagasan Liu Dejian, pendiri perusahaan online game NetDragon WebSoft.

Strukturnya mencolok, dan terletak di provinsi Fujian. Pesawat ini lebih dari sekadar untuk hiburan favorit bagi lingkungan sekitarnya.

Di dalam markas perusahaan game online NetDragon Websoft berlokasi di Fujian, Tiongkok.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Liu mengungkapkan, ia berharap desain markas baru perusahaan akan mendorong karyawan untuk merasakan bagaimana petualangan Star Trek saat berkelana ke wilayah yang belum dipetakan. 

Mengaku dirinya adalah “uber-Trekkie”, Liu sebelumnya adalah mahasiswa Universitas Kansas, Amerika Serikat. Seri sci-fi  Star Trek telah sangat memengaruhi hari-harinya dan mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan.

“Saya suka gagasan bahwa ruang adalah batas akhir, ketika orang-orang ingin pergi ke sana dan melakukan sesuatu yang baru. Hal ini telah menjadi semacam cara saya memahami hidup. Star Trek adalah guru yang sangat penting bagi saya,” kata Liu.

Ia mengaku terinspirasi karakter favoritnya Kapten Jean-Luc Picard dalam menjadi seseorang yang menemukan hal yang benar dan bagaimana mengikutinya.

Kapten Jean-Luc Picard sendiri, adalah penanggung jawab di USS Enterprise-D dan Enterprise-E dalam seri fiksi tersebut. Ia merupakan salah satu karakter Star Trek yang paling terkenal.

Ada pun perusahaan Liu, NetDragon WebSoft, didirikan pada tahun 1999 dan menduduki peringkat ketiga dalam Forbes Asia sebagai perusahaan terbaik dengan aset di bawah satu miliar dollar AS. Kategori ini merupakan ranking teratas dari 200 perusahaan berkinerja tinggi di Asia Pasifik dengan pendapatan di bawah satu miliar dollar AS tahun ini.

“Sejalan dengan bisnis, kadang-kadang Anda harus membuat keputusan gila, tidak seperti bisnis lain di mana Anda dapat mengadopsi rencana normal,” kata Liu.

Liu melanjutkan, yang paling penting adalah berpikir ke depan, mencari tahu hal yang benar untuk dilakukan dan mencoba mencapai hal-hal yang tampaknya mustahil.

Markas ini membutuhkan waktu empat tahun untuk pekerjaan konstruksinya. Bangunan ini juga memiliki fitur gerbang otomatis geser antara masing-masing ruang kerja. Bentuk kamar mandinya berupa pod, serta kerangka replika berukuran tyrannosaurus rex.

Menurut keterangan perusahaan, struktur ini adalah satu-satunya replika Star Trek resmi berlisensi di dunia setelah Liu membeli hak cipta untuk USS Enterprise dari stasiun penyiaran Amerika, CBS.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me