Gini Loh Cara Siasati Suku Bunga KPR yang Melonjak!

Iustrasi. Foto: Rumah123/iStockKalau kamu dari awal sudah memutuskan untuk membeli hunian secara kredit, pastinya kamu sudah tahu untung dan ruginya. Terutama suku bunga yang ditawarkan.Business and Sales ...

  • propertidata
  • 2017.01.04
  • 1285

    view

  • Gini Loh Cara Siasati Suku Bunga KPR yang Melonjak!

    Iustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Kalau kamu dari awal sudah memutuskan untuk membeli hunian secara kredit, pastinya kamu sudah tahu untung dan ruginya. Terutama suku bunga yang ditawarkan.

    Business and Sales Departemen Head untuk KPR Subsidi BTN, Budi Permana, mengatakan, sebelumnya perhatikan dulu Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang ditawarkan oleh bank. Hal ini supaya tidak terjadi pembayaran cicilan yang membesar.

    Baca juga: Berharap Formula Baru BI Rate Turunkan Suku Bunga Kredit

    Untuk menghindari biaya cicilan suku bunga KPR yang melonjak, ada beberapa poin yang harus kamu simak:

    Lakukan Take Over

    Take over ini bisa dengan cara memindahkan KPR ke bank lain. Keuntungan peralihan KPR ke bank lain, seluruh cicilan di bank sebelumnya bakal dilunaskan bank yang dipilih untuk take over. Tetapi, perpindahan ini membuat nasabah akan dikenakan biaya pinalti.

    Pilih Bunga Fix Terpanjang

    Ketentuan suku bunga fix ini tergantung berapa lama bank memberikan penawaran. Kebanyakan bank menawarkan suku bunga fix satu hingga dua tahun. Setelah itu, akan diberlakukan suku bunga floating (suku bunga mengambang).

    Baca juga: 5 Hal yang Bikin Proses Kredit Rumah Pertama Ga Ribet 

    Gunakan KPR Floating

    KPR floating akan berubah-ubah untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan suku bunga pasar dan kebijakan bank. Biasanya suku bunga floating mengikuti kebijakan Bank Indonesia (BI) rate. Bila BI rate naik, suku bunga juga naik.

    Pada laman tiap bank, suku bunga floating bisa dilihat, karena harus menampilkan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK). KPR floating biasanya banyak promo potongan yang ditawarkan. Dan potongan bunga tersebut berlaku hingga cicilan KPR tuntas dibayarkan. (Wit)

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci