Pembukaan Bangunan-Bangunan Ini Paling Dinanti di 2017

NEW YORK - Banyak hal yang bisa terjadi dalam kurun waktu satu tahun, terutama di sektor yang terus berkembang yakni dunia arsitektur. Pada 2016, kita semua telah menyaksikan sejumlah bangunan pencakar ...

  • propertidata
  • 2017.01.05
  • 1329

    view

  • Pembukaan Bangunan-Bangunan Ini Paling Dinanti di 2017

    NEW YORK - Banyak hal yang bisa terjadi dalam kurun waktu satu tahun, terutama di sektor yang terus berkembang yakni dunia arsitektur. Pada 2016, kita semua telah menyaksikan sejumlah bangunan pencakar langit yang ambisius berdiri dengan megahnya dan menggapai kaki-kaki langit

    Mulai dari munculnya menara tertinggi di Thailand, Mahanakhon, hingga landmark David Adjaye yakni Museum Nasional dari Sejarah dan Budaya Afrika Amerika di Washington. Dengan melihat banyaknya rencana pembangunan proyek-proyek pencakar langit, maka 2017 menjadi waktu yang sangat tepat untuk meresmikannya.

    BERITA REKOMENDASI

    TERPOPULER: Grand Opening 5 Bangunan Ini Paling DinantiJalanan di Swedia 'Bangun' Kafe Mungil Khusus TikusHOT PROPERTY: Begini Uniknya Bangunan Bercahaya di Amsterdam

    Salah satu karya dari perusahaan Zaha Hadid Architects yakni Stasiun Kereta Cepat Napoli-Afragola (Napoli-Afragola High Speed Train Station) menjadikan perjalanan para penumpang kereta semakin berkesan. Uniknya, fasad lorong bangunan stasiun ini berwarna putih dan menyerupai ular. Kemudian, ada pula LEGO House yang dibangun oleh perusahaan BIG sebagai bentuk 'penghormatan' kepada perusahaan permainan blok anak-anak yang terkenal. Lantai bangunan LEGO House saling mengikat antara satu dengan lainnya, sehingga terasnya berjenjang, dan masih banyak lagi.

    Berikut lima proyek bangunan di dunia yang paling dinanti-nanti peluncurannya pada tahun ini, sebagaimana dilansir dari laman CNN, Kamis (5/1/2017):

    1. Napoli-Afragola High Speed Train Station, Napoli



    Perusahaan arsitek yang berbasis di London, Zaha Hadid Architects, membawa sentuhan yang berkenaan dengan seni memahat ke dalam desain stasiun kereta cepat ini. Pada akhir proyek akan terlihat seolah terowongan yang sangat panjang. Ketika rampung dibangun, proyek kereta cepat ini akan menghubungkan Napola dan Roma pertama kalinya lewat kereta.

     



    2. Louvre Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE)



    Sebenarnya ditargetkan rampung pada 2012, namun kini telah direncanakan untuk diresmikan pada tahun ini. Perancangnya adalah Ateliers Jean Nouvel dengan anggaran biaya 2,4 miliar dirham atau setara Rp8,78 triliun (mengacu kurs Rp3.659 per dirham). Museum ala Paris ini memiliki fasad kurva halus berwarna putih.

    3. LEGO House, Billund, Denmark



    Arsitektural lainnya yang luar biasa mengagumkan dari Bjarke Ingels Group (BIG), tim LEGO House merancang bangunan dengan kemungkinan dari blok-blok warna warni yang terkenal semasa kecil. Bangunan memanfaatkan desain yang terinspirasi dari blok LEGO untuk yayasan dan menciptakan tingkat modular.

    Ketika rampung dibangun, LEGO House akan menjadi pusat komunitas inovasi dan pengamatan. Termasuk di dalamnya kelak pengunjung akan bisa menikmati fasilitas sebuah kafe, tempat mainan keluarga yang bersahabat, sebuah ruang publik, dan tentu saja gerai LEGO.

    4. Zeitz Museum of Contemporary Art Africa, Cape Town



    Musum ini adalah salah satu proyek paling ambisius di 2017. Mengubah bangunan Grain Silo Complex di tepi laut Cape Twon, MOCAA akan mengambil lahan seluas 100.000 kaki persegi. Alhasil, menjadikannya sebagai salah satu museum terbesar yang pernah dibangun di Afrika.

    5. Huangshan Mountain Village, Anhui



    Bak lukisan China yang kuno, MAD Architects membangun villa di atas Danau Taiping. Berharap komplek vila akan lebih terlihat seperti kapsul ruang angkasa, dan gunung-gunung terbuat dari logam metalik. Proyek ambisius bertujuan untuk meniru topografi lokal yang bergambar pemandangan pegunungan.

    property.okezone.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci