Berkat Kebijakan Ini, Target Satu Juta Rumah Tahun Ini Bakal Tercapai!

Rumah subsidi untuk mendukung Program Sejuta Rumah. Foto: Rumah123/Jhony HutapeaPembangunan rumah bersubsidi dan non-subsidi terus digeber pemerintah agar mencapai target satu juta rumah per tahun. Pada ...

  • propertidata
  • 2017.01.05
  • 1258

    view

  • Berkat Kebijakan Ini, Target Satu Juta Rumah Tahun Ini Bakal Tercapai!

    Rumah subsidi untuk mendukung Program Sejuta Rumah. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

     

    Pembangunan rumah bersubsidi dan non-subsidi terus digeber pemerintah agar mencapai target satu juta rumah per tahun. Pada 2016, Program Satu Juta Rumah hanya mencapai 805.169 unit. Jadi masih ada kekurangan (backlog).

    Akan tetapi, dengan banyaknya kebijakan yang dikeluarkan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Basuki Hadimuljono, optimistis tahun ini bisa mencapai target satu juta rumah. Alasannya?

    Baca juga: Atasi Backlog, IMB Khusus MBR Bakal Ditiadakan

    “Jumlah lamanya hari permohonan perizinan lebih singkat. Yang tadinya lebih dari 700 hari, sekarang menjadi 44 hari. Selain itu, juga ada pemotongan biaya perizinan sebesar 70 persen pada Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) ke-13," ujarnya di Jakarta, Rabu (4/1).

    Sementara Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Syarif Burhanuddin mengatakan, porsi pembangunan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan non-MBR tahun ini tetap seperti semula. Komposisi pembangunannya masih tetap 700 ribu unit rumah untuk MBR dan sisanya 300 ribu unit rumah non-MBR.

    Baca juga: Mau Take Over KPR? Bisa Kok!

     “Setiap tahun capaian Program Satu Juta Rumah terus meningkat. Jika tahun 2015 hanya sekitar 699.770 unit, maka tahun 2016 mengalami peningkatan sekitar 100 ribu unit, menjadi 805.169 unit,” ucapnya.

    Berdasarkan data yang dimiliki Ditjen Penyediaan Perumahan pada 2016, pembangunan rumah MBR mencapai angka 569.382 unit, sedangkan rumah non-MBR sebanyak 235.787 unit. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci