Optimis, 2017 Apersi Targetkan 100.000 Rumah

BERITA PROPERTI- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (DPP Apersi) 2013-2016 Eddy Ganefo memastikan, hasil Munas Apersi ke V yang digelar di Hotel ...

  • propertidata
  • 2017.01.06
  • 1621

    view

  • Optimis, 2017 Apersi Targetkan 100.000 Rumah

    BERITA PROPERTI- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (DPP Apersi) 2013-2016 Eddy Ganefo memastikan, hasil Munas Apersi ke V yang digelar di Hotel Kartika Chandra, 14-16 Desember 2016 lalu, sah dan memiliki kekuatan hukum.

    Menurut Eddy, yang pada kepengurusan DPP Apersi 2016-2020 hasil Munas ke V menduduki posisi sebagai Ketua Dewan Pertimbangan, adanya isu yang berkembang bahwa Munas Apersi tersebut mengalamai deadlock adalah tidak benar. “Kalaupun ada sejumlah DPD yang melakukan walk out (WO), itu hanya beberapa orang saja dan kemudian mereka bergabung lagi mengikuti Munas,” tegas Eddy.

    Ketua Panitia Munas V Apersi, B. Salmon Siagian, SH. MH menjelaskan, sangat menyayangkan WO yang dilakukan oleh kubu H. Vidi Surfiadi, SH. Dikatakannya, secara aklamasi, Junaidi Abdilah, SE. MM terpilih sebagai Ketua Umum DPP APERSI periode 2016-2020. Sebanyak 21 DPD yang hadir dan memiliki hak suara, sepakat memilih mantan Ketua DPD Apersi Kalimantan Barat itu.

    “Langkah Walk Out yang dilakukan oleh beberapa DPD-DPD yang merupakan VOTER (pemilih) antara lain DPD Sumatera Utara dan Provinsi Banten dan ini menyebabkan tidak lagi menyampaikan aspirasi-aspirasi  untuk pembangunan serta kepentingan daerahnya masing-masing. Secara umum Munas ini berjalan dengan baik dan sukses, pesertanya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan Munas sebelumnya,” ujar Salmon.

    Ketua Umum DPP Apersi periode 2016-2020 Junaidi Abdilah, SE. MM menegaskan, pihaknya akan melakukan langkah-langkah yang positif untuk mempersatukan kembali anggota yang sudah memisahkan diri sejak tahun 2013 lalu. Dengan adanya rencana rekonsiliasi di tubuh Apersi, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih maksimal terhadap perumahan bagi MBR.

    “Kami yakin tetap melakukan dengan optimal membangun perumahan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat termasuk sarana dan prasarananya. Ini menjadi tantangan bagi kami sebagai pengurus baru dan Apersi pada umumnya sebagai salah satu pihak yang berupaya untuk membantu pemerintah dalam menyediakan rumah murah,” ujar Junaidi pada konferensi pers pertamanya sejak terpilih menjadi Ketua Umum DPP Apersi, Kamis (5/12).

    Dijelaskan Junaiidi, masih terdapatnya beberapa hambatan dalam pelaksanaan pembangunan membuat pihaknya menganggap perlu adanya terobosan pemerintah baik terkait persyaratan  dalam proses pemberian fasilitas pinjaman/KPRS untuk para calon konsumen, penyediaan lahan (tanah) yang dibutuhkan, perijinan, pembiayaan untuk modal kerja dalam membangun, maupun ketersediaan infrastruktur dan lainnya.

    Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Apersi Daniel Djumali menjelaskan, untuk tahun 2017 pihaknya menargetkan dapat membangun sebanyak 100.000 unit rumah sederhana bagi MBR. Oleh karena itu, dirinya mengharapkan dukungan dari semua pihak agak target pembangunan rumah tersebut dapat tercapai dan sebagai salah satu upaya mendukung program sejuta unit rumah.

    “Kami optimis target itu tercapai jika melihat kondisi di tahun 2017 ini yang diprediksi membaik. Terlebih lagi, jika pemerintah dan pihak perbankan juga ikut memberikan dorongan yang positif dengan mempermudah aturan dan perijinan. Tahun 2016 lalu, dengan banyaknya kendala yang dihadapi Apersi, kami hanya mampu membangun 80.000 unit rumah,” ungkap Daniel.

    propertynbank.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci