Tahun Baru, Semua Utang KPR/A Lunas? Ga Mustahil Kok!

Foto: Rumah123/iStockTahun baru, rencana baru. Mungkin tahun ini kamu sedang ingin melunasi Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA). Bisa saja kok!Dikutip dari Forbes.com, ada dua kunci yang harus ...

  • propertidata
  • 2017.01.06
  • 1910

    view

  • Tahun Baru, Semua Utang KPR/A Lunas? Ga Mustahil Kok!

    Foto: Rumah123/iStock

    Tahun baru, rencana baru. Mungkin tahun ini kamu sedang ingin melunasi Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA). Bisa saja kok!

    Dikutip dari Forbes.com, ada dua kunci yang harus kamu ingat kalau ingin melunasi hipotek. Yakni membangun motivasi dan metode.

    Sebelum kamu memutuskan melunasi hipotek pada tahun ini, gunakan kalkulator KPR Trulia (perusahaan basis data) yang membuat pembayaran tambahan dapat mengurangi estimasi lamanya pembayaran.

    Sebut saja gini, pada perhitungan sebelumnya, kamu bisa melunasi KPR/A dalam waktu 30 tahun yakni sekitar tahun 2047. Namun, dengan biaya tambahan justru kamu baru bisa melunasinyya pada 2043.

    Baca juga: Gini Loh Cara Siasati Suku Bunga KPR yang Melonjak!

    Metodenya, jelas lebih banyak mengorbankan segala pengeluaran yang tidak penting dan sesuatu yang diinginkan. Fokuskan energi untuk bisa melunasi KPR dengan cepat. Nah, langkahnya sebagai berikut:

    Review Anggaran

    Lihat laporan kredit bulanan, tabungan, utang, dan pengeluaran secara keseluruhan untuk mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai tata letak keuangan. Dengan mengetahui kondisi keuanganmu saat ini, maka kamu bisa membuat pengaturan pengeluaran dan menghidupkan kebiasaan menabung.

    Baca juga: Mau Take Over KPR? Bisa Kok!

    Tetapkan Tujuan yang Wajar

    Misalnya, kamu mampu menghemat sebanyak sekian ratus ribu per bulan. Mulai dari situ biaya kelebihan sekian ratus ribu dibayarkan tiap per bulan.

    Kalau bisa, tiap bulan biaya tambahan meningkat lagi jadi dua kali lipat. Namun, penambahan ini secara bertahap ya. Memulainya dari nominal kecil lebih efektif.

    Ekstra Hematlah

    Jika bisa menghemat pengeluaran, seperti belanja, berlibur, perbaikan rumah, dan cicilan mobil, maka otomatis kamu bakal menghemat danamu. Terutama kalau porsi gaji yang kamu terima, langsung kamu sisihkan untuk membayar KPR. (Wit)

     rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci