Wow, Gedung FBI Miami Tahan Ledakan dan Badai!

Big Banner

KOMPAS.com – Studio arsitek berbasis di Chicago, Krueck + Sexton Architects telah menyelesaikan desain gedung seluas 35.000 meter persegi. Gedung yang berlokasi di Mirimar, South Florida, Amerika Serikat ini, mulai ditempati sebagai markas besar para agen Federal Bureau of Investigation atau FBI, pada April 2015.

Di bawah tanggung jawab GSA Design Excellence Program, bangunan ini ditujukan sebagai respon terhadap iklim setempat, lingkungan alam, dan kebutuhan lembaga.

Hasilnya, gedung kantor yang memaksimalkan cahaya matahari di waktu siang sebagai penerangan dan untuk meminimalisasi konsumsi energi, serta menyediakan tempat kerja yang baik untuk agen federal. Di lahan seluas 81.000 meter persegi, gedung ini terhubung juga dengan masyarakat lokal, sementera jika dilihat secara visual, mengintegrasikan fitur keamanan dengan performa tinggi.

Markas berbentuk H ini menciptakan paradigma kerja yang berfokus pada peningkatan efektivitas para agen. Peningkatan ini dicapai melalui akses maksimum terhadap cahaya di siang hari dan pemandangan lingkungan sekitar.

Fasad bangunan dari kaca, memungkinkan pandangan yang luas atas taman di sekitarnya. Bagian luar gedung ini terdiri dari unit jendela terisolasi, yang dirancang untuk menahan ledakan dan badai.

Selain itu, bangunan ini juga memiliki berbagai pelapis kaca yang dikombinasikan dengan eksterior logam tabir surya berlubang. Eksterior ini diaplikasikan untuk memaksimalkan pencahayaan interior namun tetap terkontrol sehingga tidak silau berlebihan. Baik gedung kantor dan situsnya menawarkan pengalaman berbeda. Tidak seperti fasilitas federal lainnya bagi para staf dan pengunjung.

Sebagai bagian dari program GSA Art-in-Arsitektur, patung dari kayu cendana setinggi 7 meter yang dibuat Ursula von Rydingsvard akan ditempatkan di dekat pintu masuk lobi atrium. Saat menaiki tangga lobi, pengunjung akan berada sangat dekat dengan tubuh patung, sehingga merangsang pengalaman fisik dan sensorik.

Gedung senilai 194 juta dollar AS (Rp 2,6 triliun) ini, didedikasikan untuk dua agen yang tewas dalam baku tembak pada 1986, yaitu Benjamin P. Grogan and Jerry L. Dove. Keduanya tertembak oleh perampok bank bersenjata lengkal di selatan Miami.

Markas baru FBI ini mampu menampung lebih dari 1.000 staf sehingga menghemat 11 juta dollar AS per tahun jika harus menyewa tempat lain. Gedung untuk divisi bidang Miami adalah gedung FBI keempat terbesar di Amerika Serikat. Selama 28 tahun, markas FBI South Florida terletak di North Miami Beach.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me