Cowell Bersiap Akuisisi Lahan 72 Hektar di Kalimantan

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Cowell Development Tbk berencana mengakuisisi lahan di dekat proyeknya, Borneo Paradiso, di Kalimantan Timur. Pengembang tersebut bersiap mengembangkan landed house (rumah tapak) dan apartemen.

Sejak 2009 Cowell telah mengembangkan perumahan Borneo Paradiso. Perumahan tersebut berlokasi di Balikpapan, Kelurahan Manggar dan Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Timur, Kotamadya Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Direktur PT Cowell Development Tbk Darwin Fernandes Manurung mengatakan, dari total luas lahan 126 hektar itu, Borneo Paradiso merupakan ikon di Balikpapan dan masih akan menjadi fokus pengembangan pada tahun ini.

“Kita akan ekspansi land bank di belakang Borneo seluas 72 hektar. Lahan ini akan digunakan untuk pemanfaatan landed house,” ujar Darwin di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Darwin mengklaim, Cowell termasuk pengembang besar di Kalimantan, karena pihaknya berencana akan membangun 2.500-3.000 unit di Borneo Paradiso. Selain landed house (rumah tapak), perseroan juga merencanakan pembangunan apartemen low rise sebanyak dua sampai tiga menara.

Sampai saat ini, penjualan di Borneo adalah sekitar 815 unit rumah dan ruko. Sementara itu, penghuni Borneo Paradiso sudah mencapai 700 kepala keluarga.

Darwin menuturkan, pihaknya sedang melakukan pengembangan untuk tahap dua pada tanah seluas 45 hektar. Pengembangan tersebut adalah pembangunan klaster baru, yaitu Bluebellwood Hills dan Borneo Mansion, yang menyasar pangsa pasar menengah ke atas.

Selain Borneo Paradiso, proyek existing lainnya yang masih menjadi garapan Cowell tahun ini adalah Westmark Apartment di Jakarta Barat. Proyek tersebut berdiri di lahan seluas 4.685 meter persegi dan memiliki satu menara. Total unit tersedia sebanyak 620 unit.

Adapun, apartemen di kawasan The Oasis baru saja topping off bulan ini dengan luas lahan 13,4 hektar, di Cikarang. Perseroan juga akan membangun apartemen lainnya di kawasan superblok tersebut, termasuk rumah sakit, perkantoran, dan area komersial.

Sementara itu, Lexington Residence masih dalam proses penggarapan. Proyek tersebut merupakan apartemen dua menara dengan total 375 unit yang berlokasi di Jakarta Selatan. Pengembangannya dilakukan oleh salah satu anak perusahaan Cowell, PT Satria Pusaka Permata Perkasa.

properti.kompas.com