Pekerja Informal Bisa Dapat KPR, Begini Caranya

Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah terus menggodok akses pembiayaan KPR untuk pekerja informal. Selama ini program bantuan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hanya menyasar pekerja ...

  • propertidata
  • 2017.01.05
  • 720

    view

  • Pekerja Informal Bisa Dapat KPR, Begini Caranya

    Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah terus menggodok akses pembiayaan KPR untuk pekerja informal. Selama ini program bantuan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hanya menyasar pekerja formal yang memiliki penghasilan tetap.  Ini terkait dengan kehati-hatian bank dalam menyalurkan kredit. Sejak program pembangunan sejuta rumah dicanangkan pada April 2015, menurut Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, pemerintah sudah mulai merancang bantuan perumahan bagi kalangan pekerja informal yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan pekerja formal.

    Pekerja Informal

    “Untuk tahun 2017 ini kita akan matangkan penyaluran KPR untuk pekerja informal dengan skim pembiayaan berbasis tabungan. Jadi pekerja tersebut harus menabung dulu selama 6-12 bulan, nanti bank bisa assessment dengan melihat fluktuasi penghasilan dan tabungannya,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (5/1).

    Selanjutnya berdasarkan tabungan ini pemerintah akan memberikan bantuan uang muka yang besarannya 20-30 persen dari harga rumah bersubsidi. Pekerja informal tetap berkontribusi untuk uang muka rumahnya sekitar 5 persen sehingga dengan modal uang muka ini sisanya dibiayai oleh bank yang kemudian dicicil dengan bunga komersial.

    “Yang harus dipahami masyarakat, beli rumah itu memang pengeluaran terbesar sepanjang hidupnya, jadi memang harus dipersiapkan dengan cara menabung. Pemerintah membantu di depan dengan uang muka sehingga assessment bank juga lebih mudah karena sudah ada modal sekitar 30 persen selain akan dilengkapi juga dengan asuransi untuk mitigasi risiko bila kreditnya macet,” imbuhnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci