5 Tips Bikin Rumah Ramah Anak

Housing-Estate.com, Jakarta - Dunia anak adalah dunia yang dinamis penuh dengan permainan dan eksplorasi hal-hal baru. Para orang tua perlu memfasilitasi dengan memberi ruang gerak memadahi pada anak, ...

  • propertidata
  • 2017.01.06
  • 840

    view

  • 5 Tips Bikin Rumah Ramah Anak

    Housing-Estate.com, Jakarta - Dunia anak adalah dunia yang dinamis penuh dengan permainan dan eksplorasi hal-hal baru. Para orang tua perlu memfasilitasi dengan memberi ruang gerak memadahi pada anak, antara lain menyediakan ruang yang nyaman di rumah.

    Selain itu rumah beserta perabotannya juga harus aman bagi anak. Tidak ada barang dan peralatan yang membayakan anak-anak. Ada 5 tips sederhana yang bisa dipraktikkan di rumah bila memiliki anak kecil terutama kondisi interiornya.

    Hindari perabot berujung lancip

    Pilih perabot atau furnitur di rumah yang tidak memiliki ujung atau sudut-sudut lancip. Beberapa sudut tajam yang tidak mungkin diganti bisa disiasati dengan menggunakan rubber atau karet pelindung yang dilekatkan pada setiap sudut perabot.

    Gunakan alas lembut

    Alasi seluruh permukaan lantai khususnya yang menjadi akses si kecil berlarian dengan karpet atau lapisan lain yang berbahan lembut. Ini untuk menghindari bila si kecil jatuh tidak langsung membentur lantai. Ada baiknya menggunakan aneka perabot dari material lembut, seperti sofa, rak berlapis material lembut, dan sebagainya.

    Steril

    Lantai dan tempat-tempat lain yang biasa diakses anak harus dibuat steril dengan membersihkannya secara berkala. Jauhkan perkakas, aksesori, dan benda-benda kecil lainnya dari jangkauan anak untuk menghindari kemungkinan tertelan.  Permukaan meja jangan terlalu rendah agar tidak mudah dipanjat anak. Mainan yang diberikan harus disesuaikan dengan usia anak.

    Singkirkan pecah belah

    Untuk sementara mengalah dulu untuk kepentingan anak dengan menyingkirkan perhiasan, pernak-pernik, dan aksesori lainnya hingga anak mencapai usai yang sudah bisa diberikan pemahaman mengenai properti milik orang lain. Upayakan jangan melarang anak mendekati  benda-benda tersebut, orang tua yang harus menyingkirkan dari pandangan dan jangkauan anak.

    Cairan berbahaya

    Orang tua kerap lupa untuk membereskan dan menyimpan beberapa cairan pembersih seperti deterjen, obat pembasmi serangga, pembersih toilet, cairan pel, dan cairan berbahaya lainnya. Sangat baik untuk menyimpan cairan pemebersih seperti itu pada sebuah lemari khusus yang selalu terkunci.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci