Asing Tak Mungkin Beli Properti RI Tipe 36

Big Banner
JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan aturan kepemilikan asing untuk properti di Indonesia akan segera dipercepat.

“Kalau menunggu setahun untuk direalisasikan itu terlalu lama. Ya tapi enggak sebulan juga, ya secepatnyalah,”tututrnya di ruang rapat Komisi V DPR RI, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Menurutnya, dengan adanya realisasi tersebut, dapat membantu pergerakan eknonomi Indonesia. Untuk saat ini, regulasi terkait yakni Kementerian Keuangan dan Kementerian ATR/BPN masih melakukan kajian.

Lebih lanjut, Basuki menuturkan, dengan aturan kepemilikan asing untuk properti di Indonesia tidak akan mengganggu kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia. Memang saat ini, kekurangan rumah atau backlog masih cukup besar.

“Asing itu enggak mungkin beli yang tipe 36, pasti beli yang mewah, yang harga Rp5 miliar ke atas baru boleh (rencananya),”ujarnya.

Menurutnya, pemerintah tidak akan mempermasalahkan jika nantinya permintaan properti baik rumah tapak maupun apartemen untuk asing meningkat. Namun akan tetap ada aturan yang ketat.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me